6 Penyebab Jok Motor Jadi Licin, Bisa Ganggu Kenyamanan Pengendara
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 8 Oktober 2024 13:00 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengendarai sepeda motor bersama influencer untuk meninjau progres pembangunan jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur, pada Ahad, 28 Juli 2024. Foto Sekretariat Presiden
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Jok motor merupakan bagian penting yang berfungsi sebagai tempat duduk dan penopang kenyamanan pengendara dan penumpang. Namun, seringkali pengendara motor menghadapi kondisi di mana jok motornya licin saat diduduki.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jok yang licin dapat memengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara, terutama saat melakukan manuver atau mengerem. Ada beberapa faktor yang menyebabkan jok motor menjadi licin.

Berikut faktor yang menyebabkan jok motor licin, dilansir dari laman Suzuki Indonesia hari ini, Selasa, 8 Oktober 2024:

1. Penggunaan Bahan Pembersih yang Salah

Banyak orang yang menggunakan produk pembersih serbaguna atau produk yang mengandung bahan kimia kuat untuk membersihkan jok motor. Padahal bahan pembersih yang mengandung silikon, misalnya, cenderung meninggalkan lapisan licin setelah digunakan.

2. Kelembapan Berlebih

Saat motor terkena hujan, embun, dan dicuci tanpa dikeringkan dengan benar, air yang terserap oleh bahan jok akan menciptakan kondisi lembap. Kondisi ini, terutama jika dibiarkan terus menerus, dapat mengurangi daya cengkeram bahan pada permukaan jok, sehingga dapat membuatnya menjadi licin saat digunakan.

3. Permukaan Bahan Jok Terlalu Halus

Beberapa jenis bahan jok memiliki tekstur yang halus secara alami, seperti vinil atau kulit sintetis. Meskipun bahan ini memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan pemakaian, permukaan yang terlalu halus dapat menyebabkan jok terasa licin, terutama jika terkena air atau debu.

4. Kondisi Bahan Jok Sudah Usang

Bahan yang mulai mengelupas atau menipis cenderung kehilangan teksturnya, sehingga tidak lagi mampu memberikan daya cengkeram yang baik. Usia motor yang lama atau penggunaan jok tanpa perawatan bisa mempercepat proses keausan.

5. Penggunaan Pelapis Tidak Sesuai

Bahan pelapis yang tidak sesuai atau memiliki bahan yang licin, malah akan menambah masalah. Pelapis yang tidak didesain untuk penggunaan pada jok dapat mengurangi friksi antara jok dan tubuh pengendara, sehingga membuat permukaan jok menjadi lebih licin.

6. Pakai Pengilap Bodi Motor

Cairan untuk bodi motor memiliki zat yang cocok untuk mengilapkan bagian motor, namun tentu saja tidak berlaku pada jok. Sebab, cairan ini mengandung minyak, sehingga bisa membuat licin jika digunakan pada jok.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Jepang 2024: Bagnaia Juara, Marc Marquez Podium Lagi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi