Pabrik Inchcape Bisa Produksi 6 Unit Mobil GWM Haval Jolion dalam Sehari
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 10 Oktober 2024 10:00 WIB
Haval Jolion HEV. (Gooto/Dimas)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - GWM Indonesia telah memulai perakitan lokal mobil Haval Jolion di Pabrik Inchcape yang berlokasi di Wanaherang, Bogor. Fasilitas manufakturing ini bisa menghasilkan enam unit Haval Jolion dalam sehari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Satu mobil itu jadinya sekitar 24 menit. Tapi kan masalahnya enggak dibikin satu-satu, dari station dimulai sampai finis itu sekitar 20 sampai 24 menit," kata Marketing Director GWM Indonesia Hari Arifianto saat ditemui di Pabrik Inchcape Bogor, Rabu, 9 Oktober 2024.

Menurut Hari, dalam proses perakitan Haval Jolion ini, GWM Indonesia memperhatikan betul sisi kualitasnya dengan memeriksa bagian per bagian. Hal itu yang membuat produksi mobil ini membutuhkan waktu hampir setengah jam.

Kendati demikian, Hari mengatakan bahwa lama produksi satu unit Haval Jolion ini akan berubah bergantung pada banyaknya pemesanan. Namun, hal itu bisa diatasi dengan beberapa langkah seperti menambah line produksinya.

"Bukan semata-mata untuk penyesuaian komponen, karena untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat, dibutuhkan training, jadi tidak serta-merta. Kemudian yang kedua adalah investasi, apakah line yang saat ini digunakan perlu ditambah atau hanya memberikan penambahan dari jumlah shiftnya," ujarnya menjelaskan.

CEO Inchcape Assembly Ingbert Grombach mengatakan bahwa proses perakitan yang dilakukan di Indonesia itu sama dengan produksi yang dilakukan di Cina. Bahkan, bodi dan pengecatannya masih dilakukan di Cina, serta baterai yang digunakan pada Haval Jolion masih didatangkan dari Tiongkok.

Fasilitas perakitan mobil GWM ini memperkerjakan sekitar 100 orang Indonesia. Sementara, proses perakitan mobil juga menggunakan robot dengan pengawasan oleh manusia.

"Produksi pakai robot tapi masih butuh tenaga manusia untuk maintenance dan pengecekan hasil akhir. Kami anggap robot ini adalah sebuah investasi," kata Grombach.

Pilihan Editor: Harga Chery Tiggo 8 Diumumkan, Dijual Mulai Rp 349,5 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi