Haval Jolion Dirakit di Bogor, Komponen Ini Sudah Pakai Produk Lokal
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 10 Oktober 2024 14:00 WIB
Haval Jolion HEV. (Dok GWM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - GWM Indonesia telah merakit lokal mobil Haval Jolion di fasilitas manufakturing milik Inchcape yang berlokasi di Wanaherang, Bogor. Pada tahap awal perakitan ini, Haval Jolion sudah menggunakan beberapa komponen lokal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Ini sudah mulai ada local component, minimum itu ban sama battery (aki). Ini yang membedakan IKD dengan CKD," kata Marketing Director GWM Indonesia Hari Arifianto saat ditemui di Pabrik Inchcape Bogor, Rabu, 9 Oktober 2024.

Hari tidak mengungkapkan berapa besaran tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dari Haval Jolion ini. Kendati demikian, dia menegaskan bahwa penggunaan komponen lokal ini akan terus ditingkatkan ke depannya.

"Kalau persentasenya (TKDN) saya tidak ada angkanya, tapi ini akan bertumbuh. Ada roadmapnya, tapi kami belum bisa sampaikan," ujarnya.

Haval Jolion ini dirakit dalam bentuk IKD (Incompletely knocked down), di mana mobil diimpor dalam kondisi tak utuh dan tak lengkap. Mobil IKD dikirim dalam keadaan tidak utuh karena komponen-komponen yang tak diimpor bisa diproduksi sendiri di dalam negeri.

Pada perakitan Haval Jolion ini, bodi dan pengecatannya masih dikirim langsung dari Cina, termasuk untuk baterainya. Kendati demikian, GWM Indonesia mengonfirmasi bahwa proses perakitan Haval Jolion di Indonesia sama dengan yang dilakukan di negara asalnya, Cina.

Pilihan Editor: Harga Chery Tiggo 8 Diumumkan, Dijual Mulai Rp 349,5 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi