Toyota Sudah Kapalkan 177 Ribu Mobil ke Mancanegara hingga Agustus 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 10 Oktober 2024 16:00 WIB
Toyota Fortuner buatan Indonesia menunggu giliran untuk diekspor ke Australia melalui Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, 2022. (Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah mengapalkan sebanyak 177.690 unit kendaraan ke mancanegara. Jumlah tersebut didapat selama periode Januari hingga Agustus 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Tahun ini 177 ribu sampai Agustus," kata Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Bob Azam, dikutip dari situs berita Antara hari ini, Kamis, 10 Oktober 2024.

Angka ekspor itu mengalami penurunan dari pencapaian periode yang sama di tahun lalu sebanyak 189.092 unit. Kendati demikian, Toyota tetap optimistis bisa menyentuh angka 300 ribu unit ekspor hingga penghujung tahun ini.

Adapun negara utama tujuan ekspor mobil Toyota ini adalah Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Sementara itu, model-model yang paling banyak diekspor antara lain Avanza Veloz, Raize, Innova Zenix, dan Fortuner.

Untuk model elektrifikasi, TMMIN mencatatkan ekspor sebanyak 10.988 unit hingga Agustus 2024, melalui dua model kendaraannya, yakni Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV. Kedua model ini masing-masing mencatatkan ekspor sebanyak 6.978 unit dan 4.010 unit.

Kedua mobil hybrid itu berkontribusi sebesar 6,2 persen terhadap total ekspor Toyota selama delapan bulan pertama di tahun ini. Kedua model itu diekspor ke Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, serta Afrika.

"Pencapaian positif terhadap kedua varian kendaraan ini menunjukkan bahwa inovasi teknologi kendaraan elektrifikasi Toyota produksi lokal, diterima dengan baik di pasar internasional," ujar Bob.

TMMIN berkomitmen untuk mempertahankan kinerja ekspor di tengah tantangan global saat ini. Toyota akan mengembangkan produk dan memperluas pasar untuk mendorong peningkatan ekspor.

"Melalui langkah pengembangan produk, perluasan pasar, dan penambahan volume ekspor untuk memenuhi permintaan global yang semakin kompetitif, salah satunya melalui kendaraan elektrifikasi," ucap Bob memungkasi.

Pilihan Editor: Harga Chery Tiggo 8 Diumumkan, Dijual Mulai Rp 349,5 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi