SUV Listrik Kolaborasi Toyota dan Subaru Bakal Dirilis Tahun 2026
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 11 Oktober 2024 07:00 WIB
Subaru Solterra ditampilkan dalam acara LA Auto Show 2021 di Los Angeles, California, AS, 17 November 2021. Subaru Solterra dieperkirakan memiliki jangkauan 220 mil dan waktu pengisian 15 hingga 80 persen di bawah satu jam. REUTERS/Mike Blake
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota dan Subaru tengah mengembangkan SUV listrik baru yang dijadwalkan meluncur pada 2026. Mobil ini akan bergabung dengan SUV listrik dari masing-masing merek tersebut, yakni Toyota bZ4X dan Subaru Solterra.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Carscoops hari ini, Jumat, 11 Oktober 2024, SUV listrik tersebut kabarnya akan menggunakan komponen dari bZ4X dan model Toyota lainnya dalam upaya menekan biaya. Produksi akan ditangani oleh pabrik Subaru Yajima yang berlokasi di prefektur Gunma, Jepang, dengan kapasitas produksi 15.000 sampai 20.000 unit per bulannya.

"Melalui pendekatan pengembangan bersama, produksi bersama, dan pasokan bersama ini, kami akan memastikan fleksibilitas dalam bidang pengembangan dan produksi sambil mengurangi risiko dengan Toyota Motor Corporation pada saat sulit untuk memprediksi tren masa depan dengan jelas," kata Kepala Eksekutif Subaru Atsushi Osaki.

Model Toyota dan Subaru ini diharapkan menyasar pasar Amerika Utara, Eropa, dan Jepang. Ada kemungkinan SUV listrik ini akan terlihat identik dan mungkin hanya memiliki perbedaan visual, layaknya bZ4X-Solterra dan GR 86-BRZ.

Awal tahun ini, Subaru mengonfirmasi akan meluncurkan tiga SUV listrik yang dikembangkan bersama Toyota pada akhir tahun 2026 dan empat SUV lagi pada akhir tahun 2028. Salah satu model yang akan dirilis ini diperkirakan crossover listrik tiga baris yang akan dibuat di Amerika Serikat.

Awalnya, model baru ini diharapkan mulai diproduksi tahun depan. Namun, produksi itu dilaporkan tertunda untuk memungkinkan perubahan desain.

Pilihan Editor: Harga Chery Tiggo 8 Diumumkan, Dijual Mulai Rp 349,5 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi