Honda Uji Coba Transmisi Manual untuk Kendaraan Listrik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 11 Oktober 2024 08:00 WIB
Ilustrasi Logo Honda. REUTERS/Toru Hanai
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda diketahui telah membuat transmisi manual sintetis untuk kendaraan listriknya, termasuk pedal koplingnya. Ini menjawab keraguan CEO Honda Toshihiro Mibe yang di tahun 2022 mengatakan bahwa dia tidak yakin bisa menggunakan transmisi manual di kendaraan listrik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Saya tidak yakin apakah kami dapat mengganti transmisi manual," kata Mibe saat itu, dilansir dari laman The Drive pada hari ini, Jumat, 11 Oktober 2024.

Namun, Kepala Elektrifikasi Honda Shinji Aoyama mengatakan bahwa penggunaan transmisi manual pada kendaraan listrik bisa saja dilakukan. Hanya saja, mekanisnya yang tidak mudah.

Kotak roda gigi manual sintetis buatan Honda, Ergo, dikembangkan untuk menemani rangkaian suara mesin dan rasio roda gigi palsu ala Hyundai Ioniq 5 N. Kemudian, Honda juga menghadirkan sistem suara buatan untuk menghadirkan efek suara knalpot pada kendaraan listrik.

Kendati demikian, teknisi Honda mengungkapkan bahwa transmisi manual sintetis ini tidak bisa meniru sensasi perpindahan gigi yang sangat khas seperti pada mobil S2000.

Honda bukan satu-satunya produsen mobil yang mencoba membuat transmisi manual untuk kendaraan listrik. Toyota juga telah mengerjakan hal yang sama.

Pilihan Editor: Harga Chery Tiggo 8 Diumumkan, Dijual Mulai Rp 349,5 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi