Motor Trial Listrik Honda RTL ELECTRIC akan Ikut Kompetisi di Jepang
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 11 Oktober 2024 14:00 WIB
Honda RTL ELECTRIC. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaJelang MFJ All Japan Trial Championship Series 2024 seri ke 6 di Wakayama/Yuasa pada 13 Oktober mendatang, Honda memperkenalkan RTL ELECTRIC. Merupakan motor kompetisi khusus trial bertenaga listrik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

RTL ELECTRIC dikembangkan sebagai sepeda uji coba listrik yang lebih unggul dari sepeda pabrik Montesa COTA 4RT, puncak sepeda uji coba yang menuntut bobot ringan dan kekuatan untuk menjaga keseimbangan dan beroperasi dalam situasi yang paling menantang, yang berkontribusi pada perolehan gelar ke-18 kali Toni Bou sebagai Juara Dunia Trial.

Perihal unit daya, RTL ELECTRIC dilengkapi baterai sepeda motorcross listrik CR ELECTRIC PROTO yang telah dioptimalkan untuk penggunaan motor trial tersebut yang terintegrasi dengan inverter. 

Honda bertujuan mencapai kinerja output tinggi dengan tujuan untuk berpartisipasi di Kejuaraan Dunia Trial di masa mendatang. RTL ELECTRIC juga dilengkapi dengan kopling, roda gila, dan transmisi, yang penting untuk motor trial.

Rangkanya baru dikembangkan berdasarkan pipa ganda aluminium yang memiliki rekam jejak terbukti dengan seri motor trial kompetisi RTL Honda. Kekakuan rangka dioptimalkan untuk stabilitas berkendara dan pengurangan berat. Lengan ayun juga baru dikembangkan berdasarkan seri RTL, yang berkontribusi pada pengurangan berat. 

Lebih jauh, penempatan komponen EV telah dioptimalkan untuk memposisikan pusat gravitasi sehingga ideal untuk uji coba berkendara, yang bertujuan untuk mewujudkan kemampuan manuver yang intuitif.

Honda berkomitmen pada elektrifikasi sepeda motor sebagai andalan strategi lingkungan masa depannya, yang bertujuan untuk mencapai netralitas karbon dalam semua produk dan aktivitas perusahaannya pada tahun 2050, dan dalam semua produk sepeda motornya pada tahun 2040-an. 

Dalam olahraga bermotor, CR ELECTRIC PROTO berkompetisi sebagai peserta wildcard dalam All Japan Motocross Championship (JMX) tahun lalu, dan berkompetisi dalam FIM E-Xplorer World Cup, kompetisi dunia untuk sepeda motor off-road listrik, mulai tahun ini.

Dengan berkompetisi dalam sepeda motor listrik trial, Honda bertujuan untuk lebih meningkatkan teknologinya.

Spesifikasi Honda RTL

Dimensi (P x L x T)

(satuan ukuran)

2.010×830×1.130 mm

Jarak roda

(satuan ukuran)

1.320 mm

Jarak bebas ke tanah

(satuan ukuran)

335 mm

Berat

(kg)

-

Unit daya

Motor Sinkron AC

Jenis baterai

ion litium

Kapasitas baterai

-

Mencengkeram

 

Hidrolik basah multi-pelat

Penularan

Jaring konstan

Ban

Depan

Michelin COMP

Belakang

Michelin COMP X11

Rem

Depan

Ø183.5 mm x 4 piston

Belakang

Ø150 mm x 2 piston

Penangguhan

Depan

Teleskopis

Belakang

Lengan ayun

Bingkai

Tabung kembar aluminium

Pilihan Editor: BMW C 400 GT dan C 400 X, Pilihan Skutik Premium Terbaru

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi