Yamaha Luncurkan Motor Baru YZF-R9, Harga Rp 210 Jutaan
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 11 Oktober 2024 17:00 WIB
Yamaha YZF-R9. (Dok Yamaha Eropa)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Yamaha resmi merilis versi full fairing dari MT-09, yakni YZF-R9, untuk pasar otomotif Amerika Serikat. Supersport ini tampil dengan desain yang agresif dan memiliki garis-garis bodi tajam. Menariknya, Yamaha menyematkan winglet ala MotoGP. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ukuran winglet dibuat menyambung dengan fairing samping, yang membuatnya tampak sangat besar. Selanjutnya di bagian atas terdapat DRL tajam mengapit ram air duct di bagian tengah. YZF-R9 juga memiliki lubang udara di bagian headlamp projector.

Urusan tangki bensin, Yamaha YZF-R9 ini dibuat mirip dengan motor MotoGP YZR-M1 dan bodi belakangnya dirancang menjulang tinggi.

Sama seperti MT-09, motor ini dibekali mesin 3 silinder segaris crossplane (CP3) berkapasitas 890 cc. Mesin ini diklaim punya power maksimal hingga 117 hp dan torsi puncak 83 Nm.

Sasis motor sport ini juga dibuat persis MT-09 sampai XSR900 GP, mengandalkan deltabox yang bobotnya dibuat lebih ringan. Sedangkan suspensi depan dan belakangnya mengandalkan KYB fully adjustable.

YZF-R9 menyematkan rem depan Brembo Stylema dan cakram 320 mm. Panel instrumen tentunya sudah TFT full color 5 inci seperti Yamaha XSR900 GP.

Fitur modern lainnya juga disematkan pada motor ini, seperti IMU 6 axis, lengkap dengan Slide Control System, anti-wheelie, dan sebagainya. Soal harga, Yamaha YZF-R9 di Eropa dijual 12.250 Euro atau setara dengan Rp 210 jutaan.

Pilihan Editor: Harga Chery Tiggo 8 Diumumkan, Dijual Mulai Rp 349,5 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi