Toyota Raize Buatan Indonesia Cuma Dapat 1 Bintang Uji Tabrak Latin NCAP
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 12 Oktober 2024 09:00 WIB
Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, 7 April 2021. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Latin New Car Assessment Program (NCAP) merilis hasil uji tabrak untuk mobil Toyota Raize buatan Indonesia yang dipasarkan di Amerika Latin dan Karibian. Mengejutkannya, pengujian Raize ini hanya mendapatkan hasil satu bintang secara keseluruhan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Raize yang dilengkapi 2 airbag dan Electronic Stability Control (ESC) sebagai fitur standar, hanya meraih skor 16,21 atau 41 persen untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa. Kerangka bodi Raize ini dinilai tidak stabil dan tidak mampu menahan beban lebih lanjut.

Kemudian, untuk perlindungan terhadap penumpang anak-anak mencatatkan skor 35,07 atau 72 persen. Raize telah dilengkapi dengan ISOFIX yang cukup aman untuk penggunaan kursi anak.

Selanjutnya, untuk perlindungan terhadap pejalan kaki meraih skor 28,17 poin atau 59 persen. Mobil mampu menunjukkan sebagian besar area benturan kepala dengan perlindungan yang baik dan memadai, sementara beberapa area perbatasan dan kaca depan menunjukkan perlindungan yang lemah dan ke arah pilar A menunjukkan perlindungan yang buruk.

Selanjutnya, terkait sistem keselamatan yang disematkan pada Raize mendapatkan skor 25,00 poin atau 58 persen. Mobil ini tidak menawarkan perangkat pembatas kecepatan, blind-spot detection, hingga pengereman darurat otonom.

Ketua Latin NCAP Stephan Brodziak mengatakan bahwa Toyota sangat mengecewakan karena telah menjual mobil dengan tingkat keselamatan rendah untuk negara-negara tertentu. Padahal Toyota seharusnya bisa meningkatkan lebih lagi untuk faktor keamanan Toyota Raize.

"Kami sangat mendesak perusahaan untuk mempertimbangkan kembali strategi peralatan keselamatannya dan melakukan evaluasi keselamatan pada model-modelnya, sehingga konsumen mengetahui kinerja kendaraan mereka yang sebenarnya," ucap Brodziak.

Dalam pengujian Latin NCAP, Toyota Raize diuji dalam benturan frontal, benturan samping, whiplash, perlindungan pejalan kaki, dan electronic stability control (ESC). Mobil yang diuji ini adalah Raize buatan Indonesia yang diproduksi tahun 2024.

Pilihan Editor: Harga Chery Tiggo 8 Diumumkan, Dijual Mulai Rp 349,5 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi