Porsche Carrera GT Pakai Ban Baru, Jarak Pengereman Lebih Pendek
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 12 Oktober 2024 11:00 WIB
Porsche Carrera GT (Auto Ndtv)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Porsche Carrera GT kini menggunakan ban baru dari Michelin, yakni Pilot Sport Cup 2. Sebelumnya, mobil sport ini masih menggunakan ban Michelin Pilot Super Sport.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Tujuan pengembangan ban baru ini adalah untuk lebih meningkatkan dinamika berkendara dan keamanan mobil sport super ini, baik di jalan basah maupun kering," kata pembalap pengembangan dan duta merek Porsche, Jorg Bergmeister dalam siaran pers yang diterima Gooto pada hari ini, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Teknisi Pengembangan Michelin Mathieu Greco mengatakan bahwa ban baru ini dikembangkan dengan senyawa karet yang berbeda (teknologi bi-kompon) digunakan pada tapak ban. Michelin menggunakan asam silikat pada bagian bahu dalam dan blok tapak bagian dalam untuk mendapatkan kompon terbaik untuk traksi basah.

"Komponen pada bahu luar dan blok telapak luar ban dirancang untuk traksi kering. Salah satu bahan yang paling penting di sini adalah karbon hitam," ujar Greco.

Tambalan kontak dioptimalkan lebih lanjut dengan pengujian menyeluruh terhadap dinamika berkendara dan pengendalian. Pengujian ban ini dilakukan di Sirkuit Nurburgring untuk menciptakan ban yang optimal untuk mobil sport berperforma tinggi Carrera GT.

Ban Michelin Pilot Sport Cup 2 bisa membuat Carrera GT berhenti lebih cepat saat pengereman mendadak. Jarak pengereman 200 km per jam bisa berhenti 2,5 meter lebih pendek dari ban sebelumnya, sementara dari 200 km per jam, mobil sport ini bisa berhenti 12 meter lebih awal.

Ban ini dikembangkan melalui kerja sama yang erat antara Michelin, Porsche Classic, dan Porsche Development Centre di Weissach. Ban ini dapat dipesan melalui Porsche Classic Partners atau Porsche Centre.

Pilihan Editor: Harga Chery Tiggo 8 Diumumkan, Dijual Mulai Rp 349,5 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi