Ini Tanda-tanda Velg Motor Harus Diganti
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 14 Oktober 2024 11:00 WIB
Ilustrasi velg sepeda motor. (Yamaha Indonesia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Velg motor merupakan salah satu komponen penting yang sering luput dari perhatian, padahal perannya penting dalam menjaga performa dan keselamatan berkendara. Velg juga berfungsi memastikan motor tetap stabil di berbagai medan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Velg yang terabaikan perawatannya, bisa menimbulkan masalah besar, mulai dari getaran yang mengganggu hingga kerusakan pada komponen lain. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kapan dan bagaimana cara mengganti velg motor.

Lantas, apa tanda-tanda velg motor harus segera diganti? Berikut ulasannya, dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia hari ini, Senin, 14 Oktober 2024:

1. Retak dan Pecah

Velg motor yang retak atau pecah menandakan bahwa kekuatannya sudah jauh menurun. Retakan kecil pada velg bisa berkembang menjadi masalah serius, terutama saat motor melaju dengan kecepatan tinggi. Jika tidak segera diganti, risiko kecelakaan pun meningkat.

2. Velg Bengkok atau Peyang

Velg yang bengkok atau peyang dapat menyebabkan ketidakstabilan pada motor, terutama saat dipacu dengan kecepatan tinggi. Velg yang tidak rata dapat menyebabkan getaran yang tidak biasa saat motor melaju, yang bisa merusak komponen lain seperti bearing roda.

3. Motor Tidak Stabil saat Dikendarai

Motor yang tidak stabil saat dikendarai dapat mengindikasikan velg yang sudah rusak atau bengkok. Kondisi ini sangat berbahaya karena motor menjadi sulit dikendalikan, terutama di jalan yang tidak rata. 

4. Tekanan Angin Selalu Berkurang

Velg racing yang menggunakan ban tubeless sering mengalami penurunan tekanan angin secara perlahan. Meskipun tidak ada kebocoran yang jelas pada ban, velg yang bermasalah bisa menjadi penyebabnya. Kondisi ini dapat memengaruhi performa berkendara, membuat motor terasa lebih berat atau kurang responsif. 

Jika tekanan angin ban selalu berkurang tanpa sebab yang jelas, kemungkinan ada masalah pada velg yang tidak rapat.

Pilihan Editor: 4 Pembalap yang Masih Berpeluang Juara MotoGP 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi