Korban Meninggal Kecelakaan Lalu Lintas Mayoritas dari Usia Produktif
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 14 Oktober 2024 17:00 WIB
Ilustrasi kecelakaan motor. all-free-download.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Data Korlantas Polri mengungkapkan bahwa terjadi 110.528 kecelakaan lalu lintas di tahun 2023 dengan total korban meninggal dunia sebanyak 18.357 orang. Korban meninggal dunia ini mayoritas berada dalam rentang usia produktif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Sebagian besar korban meninggal dunia adalah usia produktif. Jadi, kami harapkan keselamatan berlalu lintas menjadi satu kebutuhan," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, dikutip dari laman Humas Polri hari ini, Senin, 14 Oktober 2024.

Tahun lalu, Korlantas Polri mengungkapkan ada 11.689 korban yang mengalami luka berat dan 134.811 korban luka ringan. Kecelakaan ini menimbulkan luka parah permanen maupun tidak permanen, hingga memengaruhi kualitas hidup para korban dan keluarganya.

Faktor penyebab kecelakaannya pun beragam, mulai dari pengendara tidak mematuhi aturan lalu lintas, kecerobohan pengendara, hingga kondisi kendaraan yang tidak sesuai standar pabrik. Bahkan, ditemukan beberapa kecelakaan yang disebabkan pengemudi mabuk dan menggunakan ponsel saat berkendara.

Korlantas mengajak masyarakat untuk lebih sadar dan mengutamakan keselamatan di jalan, mengingat tingginya angka kecelakaan dan korban jiwa yang mayoritas berada di usia produktif. Salah satu langkah penertiban pengendara yang melanggar aturan adalah melalui kegiatan Operasi Zebra 2024 yang berlangsung dari 14-27 Oktober 2024.

Pilihan Editor: Tips Atasi Masalah Setang Motor Bengkok agar Tetap Aman Dijalan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi