Merek Ohlins Dibeli Brembo Seharga Rp 6 Triliun
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 15 Oktober 2024 16:00 WIB
Yamaha MT-09 SP gunakan rem lansiran Brembo Stylema. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Produsen rem asal Italia, Brembo telah menegosiasikan pembelian Ohlins Racing yang berkantor pusat di Swedia. Merek sistem suspensi berkinerja tinggi itu dibeli dari Tenneco dengan pembayaran tunai sebesar 405 juta dolar atau sekitar Rp 6 triliun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Ohlins sangat cocok untuk Brembo. Ini adalah merek yang terkenal di dunia, dengan bisnis yang solid dan reputasi yang tak tertandingi, baik di lintasan balap maupun di jalan raya," kata Ketua Eksekutif Brembo Matteo Tiraboschi, dikutip dari situs The Drive hari ini, Selasa, 15 Oktober 2024.

Sementara itu, CEO Ohlins Racing Tom Wittenschlaeger mengatakan bahwa kerja sama dengan Brembo ini bisa membuka peluang pertumbuhan baru dengan memanfaatkan kekuatan dan aset masing-masing perusahaan. "Untuk mendorong inovasi dan memberikan nilai yang lebih besar kepada pelanggan dan karyawan kami," ujarnya.

Brembo belum mengungkapkan rencananya terkait pembelian Ohlins ini. Dalam tiga tahun terakhir, Brembo menjual sahamnya ke Pirelli tetapi juga berinvestasi di perusahaan rintisan mobilitas terhubung Spoke Safety, memperluas usaha patungan dengan produsen material SGL Carbon, dan membeli SBS Friction (kampas rem) serta J.Juan Group (rem sepeda motor).

Akuisisi Ohlins oleh Brembo ini merupakan hal yang paling signifikan karena keduanya merupakan pemimpin global, tidak hanya di pasar suku cadang tetapi juga pemasok bagi tim balap elit yang berkompetisi di Formula 1, MotoGP, NASCAR, dan World Superbike.

Kesepakatan akuisisi ini masih harus melalui persetujuan regulasi, yang menurut Brembo akan ditutup pada awal 2025. Hingga saat ini, komponen motor menyumbang sekitar 13 persen dari total pendapatan Brembo.

Pilihan Editor: Tips Atasi Masalah Setang Motor Bengkok agar Tetap Aman Dijalan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi