Penjualan Kendaraan Listrik Global Naik 30,5 Persen pada September 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 16 Oktober 2024 08:00 WIB
Charger mobil listrik BYD. (Foto: BYD Indonesia)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Penjualan kendaraan listrik global meningkat 30,5 persen pada September 2024, dibandingkan tahun lalu. Angka tersebut mencakup kendaraan listrik murni dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Reuters hari ini, Rabu, 16 Oktober 2024, berdasarkan riset pasar dari Firma Rho Motion, peningkatan ini dipengaruhi Cina yang berhasil melampaui rekor penjualan di bulan Agustus. Selain itu, pertumbuhan yang terjadi di Eropa juga turut memengaruhi peningkatan penjualan kendaraan listrik ini.

Kendaraan listrik yang terjual di seluruh dunia pada September 2024 tercatat sebanyak 1,69 juta unit. Penjualan di Cina melonjak 47,9 persen mencapai 1,12 juta unit, sementara di AS dan Kanada juga naik 4,3 persen menjadi 0,15 juta unit.

"Di pasar Cina, tingkat penetrasi BEV dan PHEV tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan. penjualannya bisa mencapai rekor setiap bulan hingga akhir tahun," kata Manajer Data Rho Motion Charles Lester.

Di Eropa, penjualan kendaraan listrik murni dan PHEV meningkat 4,2 persen menjadi 0,3 juta unit. Peningkatan di Eropa ini disumbang lonjakan penjualan di Inggris Raya sebesar 24 persen, diikuti peningkatan di Italia, Jerman, dan Denmark.

"Pertumbuhan tahunan di Jerman sebesar 7 persen merupakan berita yang benar-benar positif. Sasaran pengurangan emisi karbon menengah yang ditetapkan di UE untuk tahun depan akan menguji pasar blok tersebut," ujar Lester.

Di Amerika Serikat, pasar kendaraan listrik berjalan lambat dan stabil untuk mengantisipasi pemilu pada 5 November 2024. Lester mengatakan bahwa cukup sulit memprediksi tren masa depan kendaraan listrik di Amerika Serikat.

Pilihan Editor: Tips Atasi Masalah Setang Motor Bengkok agar Tetap Aman Dijalan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi