Ketahui Waktu yang Tepat Mengganti Oli Gardan Motor Matik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 18 Oktober 2024 10:00 WIB
motor matik Suzuki Nex Crossover. (Foto: Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Oli gearbox atau oli gardan adalah pelumas komponen gardan guna mengurangi gesekan yang berpotensi merusak, seperti side gear, ring gear, dan drive pinion. Pelumasan perlu dilakukan agar komponen tersebut dapat bekerja dengan baik dan tidak mudah rusak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oli gardan juga berfungsi mengurangi gesekan antar komponen yang mengakibatkan keausan dan meredam panas akibat gesekan tersebut. Motor matik hanya memerlukan oli gardan ini saja.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan motor matik? Melansir laman resmi Suzuki Indonesia pada hari ini, Jumat, 18 Oktober 2024, penggantian oli gardan didasarkan pada jadwal servis atau bisa juga berdasarkan tanda yang timbul.

Jadwal penggantian oli gardan ini tertera di buku servis yang dinyatakan dalam jarak kilometer atau jumlah bulan, bergantung mana yang tercapai terlebih dulu. Pihak pabrik atau produsen menetapkan jadwalnya masing-masing dari penggantian oli, penggantian filter, dan komponen penting lainnya.

Ada yang menganjurkan penggantian oli setiap jarak tempuh mencapai 1.500 sampai 3.000 km. Ada juga yang menganjurkan untuk mengganti setiap 2.000 sampai 3.000 km. 

Penggantian oli gearbox juga bisa dilihat dari penggunaannya. Dalam kondisi normal, oli sebaiknya diganti setiap 12.000 km atau 12 bulan sekali. Pemakaian motor intensitas tinggi perlu penggantian oli lebih cepat, yaitu 8.000 sampai 10.000 km.

Selain dari waktu, penggantian oli juga bisa dilihat dari tanda yang timbul. Misalnya, jika oli berubah warna menjadi lebih keruh dan pekat, mesin motor kurang responsif, tarikan mesin jadi lebih berat, bunyi berisik atau getaran yang kencang, hingga konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya.

Pilihan Editor: Jangan Kelamaan di Rest Area, Kartu e-Toll Ternyata Bisa Kedaluwarsa

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi