Simak Tips Memilih Oli Gardan Motor Matik Berkualitas
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 18 Oktober 2024 11:00 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor matic stylo 160 yang dibanderol mulai dari Rp 27 jutaan. astra-honda.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Oli gearbox atau oli gardan berfumgsi mencegah kerusakan pada komponen motor matik, seperti side gear, ring gear, dan drive pinion. Oleh sebab itu, pengendara wajib menggunakan oli gardan yang berkualitas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemilik motor harus mengetahui dan memilih oli gardan yang tepat dan berkualitas. Tujuannya agar memperpanjang usia motor dan menjaga kinerja, efisiensi, dan usia pakai komponen-komponen motor.

Berikut tips memilih oli gearbox motor matic yang berkualitas, dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia pada hari ini, Jumat, 18 Oktober 2024.

1. Cari Tahu Spesifikasi Mesin Motor Matik

Penting untuk selalu memeriksa spesifikasi oli yang direkomendasikan oleh produsen mesin. Biasanya tertera dalam buku panduan pengguna. Penggunaan oli yang tidak sesuai dapat menurunkan performa komponen motor.

2. Pilih Oli dengan Viskositas yang Tepat

Viskositas merupakan ukuran kekentalan oli. Pemilihan oli harus sesuai dengan ketentuan viskositas pabrikannya agar dapat melumasi gigi dan komponen gearbox lainnya dengan optimal.

3. Perhatikan Tingkat Suhu Lingkungan

Pastikan oli gearbox yang digunakan berkualitas tinggi agar dapat bekerja dengan baik, tahan di berbagai degradasi termal. Pilih juga oli yang memiliki sifat stabil, artinya pelumas itu akan tetap stabil dalam kondisi suhu yang beragam.

4. Periksa Kandungan Aditif Oli Gearbox

Periksa kandungan aditif pada oli sebelum digunakan. Kandungan yang tepat dapat membantu meningkatkan perlindungan dan umum pakai komponen gearbox.

Pilihan Editor: Jangan Kelamaan di Rest Area, Kartu e-Toll Ternyata Bisa Kedaluwarsa

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi