Ini Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Dibuka Manual
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 21 Oktober 2024 12:00 WIB
Ilustrasi Karet Pintu Mobil. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kondisi pintu mobil tidak bisa dibuka secara manual bisa muncul kapan saja. Apalagi jika mobil sudah berumur dan terdapat masalah teknis pada komponen pintu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemilik mobil perlu mengetahui penyebab masalah pintu tidak buka secara manual. Ada berbagai faktor yang menyebabkan masalah ini.

Berikut penyebab pintu mobil yang tidak bisa dibuka secara manual, dilansir dari laman Auto2000 pada hari ini, Senin, 21 Oktober 2024.

1. Masalah Kabel Penghubung Pintu

Kabel penghubung di dalam pintu mobil berfungsi menggerakkan mekanisme penguncian dan membuka pintu. Jika kabel ini putus atau rusak, pintu tidak bisa dibuka secara manual dari luar atau dalam.

Kabel yang rusak ini bisa terjadi akibat mobil sudah lama digunakan atau karena benturan keras pada area pintu mobil. Tanda-tanda kerusakan kabel biasanya terlihat dari tuas pintu yang terasa tidak normal saat ditarik.

2. Pengunci Pintu Macet

Pengunci pintu yang jarang dirawat atau sering terpapar debu dan kotoran bisa menyebabkan pintu mobil tidak dapat dibuka secara manual. Pengunci yang macet akan terasa keras saat pintu coba dibuka, bahkan tidak bergerak sama sekali. Penyebabnya biasanya karena mobil diparkir di luar ruangan atau di lingkungan yang berdebu.

3. Kerusakan Pegangan Pintu

Jika pegangan pintu terasa longgar atau tidak merespons ketika ditarik, kemungkinan besar pegangan pintu mengalami kerusakan. Pegangan pintu yang aus atau patah bisa menyebabkan pintu tidak dapat dibuka secara manual. Jika rusak, pegangan ini harus diganti, karena perbaikannya biasanya tidak efektif.

4. Masalah pada Sistem Penguncian Sentral

Penyebab masalah pada sistem penguncian sentral mobil beragam, mulai dari motor penggerak yang rusak hingga masalah pada kabel penghubung. Terkadang, masalanya hanya berasal dari baterai remote yang lemah, sehingga sistem penguncian tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

5. Bagian Handle Kotor

Jika handle pintu sering terpapar debu atau lumpur, ini bisa membuat bagian mekanisme dalamnya kotor dan membuatnya sulit berfungsi. Tanda-tandanya adalah pegangan terasa kasar atau seret saat ditarik. Solusinya adalah membersihkan handle, atau dalam beberapa kasus, pembersihan lebih mendalam pada bagian dalam pintu mungkin diperlukan.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Australia: Kalahkan Jorge Martin dan Bagnaia, Marc Marquez Juara

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi