Subaru Ungkap Sistem Hybrid Generasi Terbaru untuk Crosstrek dan Forester
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 22 Oktober 2024 09:00 WIB
Subaru Indonesia resmi meluncurkan mobil barunya, Subaru Crosstrek di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, di JCC, Senayan, Jakarta, 16 Maret 2023. SUV Crosstrek ditawarkan dalam dua opsi mesin, yakni mesin Boxer 4 silinder 2.000cc pada tipe Base dan Premium, yang mampu menghasilkan tenaga 152 HP dan torsi 197 Nm. Sementara opsi kedua adalah mesin Boxer 4 silinder 2.500cc yang menghasilkan tenaga 182 HP dan torsi 241 Nm. TEMPO/Fardi Bestari
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Subaru dikabarkan tengah menyiapkan sistem penggerak hybrid generasi terbaru yang diberi nama strong-hybrid atau S:HEV. Sistem hybrid baru ini nantinya akan digunakan pada model Crosstrek dan Forester.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman The Drive hari ini, Selasa, 22 Oktober 2024, sistem hybrid baru ini akan terus menggunakan tata letak empat silinder boxer klasik Subaru, yang dipasang secara longitudinal dengan penggerak semua roda. Kapasitas mesinnya meningkat dari 2.0 liter menjadi 2.5 liter.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin baru ini menjadi 158 HP dan motor listriknya 88 kW, dibandingkan mesin sebelunya yang menghasilkan tenaga 143 HP dan 10 kW. Ukuran baterainya juga ditingkatkan dari 0,6 kWh menjadi 1 kWh. Akselerasi dari 0 hingga 100 km per jam bisa tuntas dalam waktu 2,1 detik.

"Kami telah memilih mesin yang kuat dan motor penggerak yang kuat untuk sistem hibrida yang tangguh ini. Ini menghasilkan performa berkendara yang cukup kuat untuk bersaing di pasar Amerika Utara," kata Manajer Divisi Teknik Subaru, Shogo Oki.

Sistem hybrid baru Subaru tidak akan menggunakan sistem plug-in, tetapi akan menyalakan atau mematikan motor dan mesin sesuai kebutuhan. Seperti sistem hibrida kebanyakan, Subaru akan mematikan mesin saat melaju dalam kecepatan rendah, hanya menggunakan motor listrik untuk menggerakkan mobil.

Menurut Subaru, pengaturan baru pada mesin ini membantu Crosstrek untuk pasar Jepang mencapai jarak tempuh 999 kilometer, sekitar 50 persen lebih jauh dari sebelumnya. Sebagian berkat penggunaan tangki bahan bakar yang lebih besar, yaitu sekitar 64 liter.

Pelanggan Crosstrek dan Forester juga akan mendapatkan perangkat pengisi daya. Baterai pada mobil ini bisa digunakan untuk menghidupkan peralatan elektronik seperti lemari es portabel, ketel listrik, dan wajan listrik.

Crosstrek di pasar Jepang akan mendapatkan sistem hibrida tersebut sebelum akhir tahun ini dan Forester akan menyusul pada April 2025.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Australia: Kalahkan Jorge Martin dan Bagnaia, Marc Marquez Juara

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi