Simak Langkah-langkah Memeriksa Kebocoran Arus Aki Mobil
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 22 Oktober 2024 11:00 WIB
Ilustrasi Aki Mobil. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Para pemilik mobil mungkin pernah mengalami kondisi di mana aki mobil tiba-tiba soak, padahal baru saja diisi. Hal ini disebabkan adanya kebocoran arus pada aki yang dapat menguras daya aki secara terus-menerus dan menyebabkan berbagai masalah pada sistem kelistrikan kendaraan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada beberapa langkah yang perlu diketahui pemilik mobil apabila mendapati aki mobil tiba-tiba soak. Terlepas dari perawatan rutin terhadap aki yang harus dilakukan pemilik mobil.

Berikut langkah-langkah memeriksa kebocoran arus aki mobil, dilansir dari laman Auto2000 pada hari ini, Selasa, 22 Oktober 2024:

1. Lakukan Inspeksi Visual

Perhatikan adanya tanda-tanda kebocoran, seperti cairan elektrolit yang menetes atau endapan kristal putih di sekitar terminal aki. Kebocoran ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain dan mengurangi performa aki. Jika menemukan indikasi ini, segera konsultasikan dengan teknisi untuk penanganan lebih lanjut.

2. Cek Kabel Secara Berkala

Pastikan semua kabel terpasang dengan kuat dan rapat pada terminal aki. Hindari adanya korosi, kerusakan isolasi, atau sambungan longgar yang dapat menyebabkan penurunan daya. Kabel yang aus atau putus harus segera diganti untuk mencegah masalah kelistrikan lebih lanjut dan memastikan starter mesin berputar dengan lancar setiap saat.

3. Periksa Tegangan

Aki yang sehat memiliki tegangan tertentu. Jika hasil pengukuran menunjukkan tegangan di bawah standar, ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada aki yang perlu segera ditangani.

4. Cocokkan Rasio Pengisian dan Pengosongan

Rasio ini sangat dipengaruhi oleh kapasitas baterai dan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dan mengosongkannya. 

Sebagai contoh, sebuah aki mobil dengan kapasitas 400 Ah yang secara teoritis habis dalam 20 jam akan memiliki laju pengosongan sebesar 20 Ampere. Dengan memahami rasio tersebut, pemilik mobil dapat mencegah terjadinya overcharging atau deep discharge yang dapat merusakan baterai dan komponen kelistrik.

5. Bawa ke Bengkel Resmi

Membawa mobil ke bengkel resmi menjadi langkah tepat untuk mendeteksi kebocoran arus aki. Dengan teknisi terlatih dan alat memadai, masalah kelistrikan ini mungkin bisa lebih cepat dideteksi dan diperbaiki.

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Australia: Kalahkan Jorge Martin dan Bagnaia, Marc Marquez Juara

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi