Mercedes-Benz Kini Punya Pengolahan Limbah Baterai
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 22 Oktober 2024 14:00 WIB
Fasilitas Pengolahan Limbah Baterai dan Produksi Baterai Mercedes-Benz di Kuppenheim di bagian utara Jerman. (foto: Mercedes-Benz)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMercedes-Benz menepis kekhawatiran masyarakat terhadap limbah baterai, dengan membuka fasilitas untuk pengolahan limbah baterai. Menggunakan mechanical-hydrometallurgical proses terintegrasi di Kuppenheim di bagian utara Jerman.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diklaim sebagai sejarah dalam perjalanan menuju peningkatan keberlanjutan bahan baku berkat tingkat pemulihan yang diharapkan lebih dari 96 persen dan operasi netral CO.

Investasi dua digit jutaan euro guna mendukung pendekatan holistik Mercedes-Benz terhadap sirkularitas baterai dan penciptaan nilai di Jerman. Merupakan kerjasama dengan mitra teknologi Primobius dan lembaga penelitian ternama.

Fasilitas daur ulang baterai Mercedes-Benz Kuppenheim: Kontrol kualitas di laboratorium. (Foto: Mercedes-Benz)

Hal ini mendukung semangat perintis dan kekuatan inovatif Mercedes-Benz yang berupaya keras untuk mengurangi konsumsi sumber daya primer yang berharga secara signifikan. 

Ola Kallenius, Chairman of the Board of Management of Mercedes-Benz Group AG mengatakan bahwa Mercedes-Benz telah menetapkan tujuan untuk membangun mobil yang paling diminati dengan cara yang berkelanjutan. Sebagai pelopor dalam rekayasa otomotif, pabrik daur ulang baterai mekanik-hidrometalurgi terpadu pertama di Eropa menandai tonggak penting menuju peningkatan keberlanjutan bahan baku.

Bersama dengan mitra kami dari industri dan sains, kami mengirimkan sinyal kuat kekuatan inovatif untuk mobilitas listrik yang berkelanjutan dan penciptaan nilai di Jerman dan Eropa.” yakin Ola Kallenius.

Mitra teknologi Mercedes-Benz untuk pabrik daur ulang baterai adalah Primobius, sebuah usaha patungan antara pabrik Jerman dan perusahaan teknik mesin SMS Group serta pengembang teknologi proses Australia Neometals.

Untuk pertama kalinya di Eropa, pabrik daur ulang baterai Mercedes-Benz mencakup semua langkah mulai dari penghancuran modul baterai hingga pengeringan dan pemrosesan bahan baterai aktif. 

Proses mekanis memilah dan memisahkan plastik, tembaga, aluminium, dan besi dalam proses multitahap yang rumit. Proses hidrometalurgi hilir didedikasikan untuk apa yang disebut massa hitam. 

Pemisahan limbah baterai Mercedes-Benz. (Foto: Mercedes-Benz)

Ini adalah bahan aktif yang membentuk elektroda sel baterai. Logam berharga kobalt, nikel, dan litium diekstraksi secara individual dalam proses kimia multitahap. 

Daur ulang ini memiliki kualitas baterai dan karenanya cocok untuk digunakan dalam produksi sel baterai baru.

Fasilitas daur ulang baterai ini dipasok dengan 100 persen listrik hijau. Luas atap bangunan seluas 6.800 meter persegi ini dilengkapi dengan sistem fotovoltaik dengan output puncak lebih dari 350 kilowatt.

Pabrik daur ulang baterai Mercedes-Benz di Kuppenheim memiliki kapasitas tahunan sebesar 2.500 ton. Material yang didaur ulang digunakan untuk memproduksi lebih dari 50.000 modul baterai untuk model Mercedes-Benz bertenaga listrik baru. 

Pilihan Editor: Spesifikasi MV3 Garuda Limousine, Mobil yang Dipakai Prabowo saat Pelantikan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi