CATL Rilis Baterai PHEV Berjarak Tempuh 400 Km, Layaknya EV
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 25 Oktober 2024 10:00 WIB
CATL kembangkan baterai EV. (Foto: Autoblog)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - CATL merilis baterai Freevoy yang dikhususkan untuk Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Baterai ini mendukung pengisian cepat 4C dan menyediakan jarak tempuh lebih dari 400 km layaknya pengalaman menggunakan kendaraan listrik murni.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman CarNewsChina pada hari ini, Jumat, 25 Oktober 2024, CATL ingin terjun di segmen PHEV yang tengah marah di pasar otomotif Tiongkok. Baterai Super Hibrida Freevoy ini akan menawarkan pengalaman yang serupa dengan mobil listrik untuk PHEV dan EREV.

"Hanya dengan pengisian daya 10 menit, Anda dapat mencapai jarak tempuh lebih dari 280 km, berkat kemampuan pengisian daya super 4C, yang secara efektif mengatasi masalah pengisian daya yang lambat," tulis CATL dalam pengumumannya.

C-rate pada pengisian daya baterai ini, mengukur seberapa cepat baterai terisi atau terkuras. Misalnya, 1C rate berarti baterai dapat terisi penuh dari 0 hingga 100 persen dalam satu jam. Secara analog, 4C rate berarti baterai dapat terisi penuh empat kali dalam satu jam atau sekali dalam 15 menit.

Baterai CATL Freevoy mencakup lapisan pelindung berskala nano dan menggunakan teknologi partikel keadaan tereksitasi beraktivitas tinggi dalam material katode, yang mendukung kontrol daya multilevel. Baterai tersebut juga mengintegrasikan teknologi ion natrium, yang memungkinkannya untuk melepaskan muatan dalam suhu yang sangat dingin hingga minus 40 derajat Celcius dan mengisi  daya dalam kondisi suhu serendah minus 30 derajat Celcius.

Dari segi keamanan, baterai ini menggunakan teknologi NP2.0 yang mencakup isolasi asap aktif dan sistem bertekanan tinggi. Hal ini mengurangi tingkat kerusakan hingga ke level PPB, yang artinya untuk setiap miliar sel atau komponen yang diproduksi, hanya sedikit yang rusak.

CATL mengklaim baterai ini akan digunakan pada mobil PHEV dari merek Li Auto, Avatr, Deepal, Changan, dan Neta. Kemudian, Chery, SAIC, dan Geely juga akan mengadopsinya pada jajaran mobil PHEV dan EREV mereka, karena baterai Freevoy ini diharapkan hadir dalam 30 model di tahun depan.

Pilihan Editor: Usai Juara WorldSSP300, Aldi Satya Mahendra Promosi ke WorldSSP 2025

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi