Yamaha MT-07 Kembali Menetapkan Standar Tinggi di Kelasnya
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 25 Oktober 2024 09:53 WIB
Yamaha MT-07. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Memeriahkan persaingan motor jalan raya tahun 2025, Yamaha sekali lagi menjadi yang terdepan dalam menetapkan standar dalam kategori motor tanpa fairing. Tambahan terbaru pada keluarga MT memiliki tampilan eksklusif dan spesifikasi lebih tinggi, serta menawarkan versi yang dilengkapi dengan sistem Y-AMT untuk Yamaha MT-07.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Model Yamaha MT-07 generasi keempat tampil modern dan dewasa, namun tetap agresif dan tajam berkat bodywork serba baru dan lampu depan LED fungsi ganda yang didesain ulang sepenuhnya.

Yamaha MT-07 pertama sukses instan dengan kombinasi lampunya. bobot dan semangat mesin CP2 generasi pertama, dan karakter sporty inilah yang menjadikan MT-07 sebagai ikon modern. 

Bahan-bahan tersebut tetap menjadi inti dari MT-07 2025, yang dirancang untuk menawarkan pengalaman berkendara yang lebih seru berkat sasis baru dan banyak mode berkendara yang dapat disesuaikan, serta adopsi akselerator elektronik YCC-T dan sistem penggerak roda.

Peralatan teknologi yang lebih kaya dari MT-07 pada tahun 2025 seharusnya menghasilkan peningkatan bobot keseluruhan sebesar 4,5 kg; sebaliknya, bobot sepeda ini hanya 183 kg: lebih ringan satu kilogram dari model sebelumnya.

Rem belakang Yamaha MT-07. (Foto: Yamaha)

Penerapan pelek baru, yang dibuat dengan proses spinforging yang dipatenkan oleh Yamaha, telah memungkinkan penghematan hampir setengah kilogram, mengurangi efek giroskopik saat berkendara dan berkontribusi pada sepeda motor yang lebih lincah. Komponen aluminium die-cast juga menawarkan penghematan berat yang signifikan: bodi MT-07 generasi keempat menghemat sebanyak 600 g.

Komponen seperti filter udara, aki, rantai bahkan tutup bahan bakar merupakan contoh suku cadang yang banyak diteliti secara mendalam, untuk menghemat beberapa gram dan meminimalkan bobot keseluruhan sepeda motor.

Dari segi teknis, banyak perhatian diberikan untuk membuat bodi seringan mungkin, seperti halnya cover samping yang pada MT-07 tahun 2025 memiliki bobot lebih ringan 600 gram.

Pertama kalinya pada platform CP2, sistem Yamaha Chip Controlled Throttle (ride by ride), yang sebelumnya digunakan pada model berkapasitas lebih besar dari seri MT, memulai debutnya pada MT-07 2025.

Yamaha MT-07 baru kini dilengkapi dengan tiga mode YRC (Yamaha Ride Control) yang mengubah karakteristik tenaga dan respons terhadap perintah throttle. Sistem  YCC-T  juga memperkenalkan kontrol manajemen traksi baru. Dimungkinkan juga untuk memasang (opsional) gearbox elektronik generasi ketiga, dan versi eksklusif dengan  transmisi terbaru Y-AMT.  Versi MT07-Y-AMT juga memiliki fitur cruise control sebagai standar, meningkatkan kenyamanan dan mengurangi rasa lelah saat berkendara di jalan raya.

Layar TFT Yamaha MT-07. (Foto: Yamaha)

Model terbaru Yamaha MT-07 dilengkapi dengan dua  mapping YRC Sport dan Street, ditambah mapping kustom ketiga yang dapat dikonfigurasi pengendara melalui dasbor TFT atau aplikasi MyRide secara gratis.

Selain desain bodi baru, Yamaha MT-07 menawarkan posisi berkendara baru yang lebih sporty dan rasa menyatu yang lebih besar dengan sepeda motor. Tangki mempertahankan kapasitas 14 liter.

Dibandingkan model sebelumnya, Yamaha MT-07 terbaru memiliki posisi stang yang lebih lebar 18 mm, lebih rendah 22 mm, dan lebih jauh ke belakang 9,3 mm, sedangkan pijakan kaki lebih rendah 10 mm untuk menambah ruang kaki.

Ditenagai oleh mesin CP2 dua silinder paralel 690cc yang legendaris, model MT-07 generasi keempat dilengkapi dengan sistem amplifikasi akustik inovatif yang meningkatkan pengalaman berkendara dan meningkatkan koneksi antara pengendara dan sepeda motor.

Garpu depan model upside down berukuran 41 mm menghiasi bagian depan Yamaha MT-07, menawarkan tampilan yang lebih modern dan berkualitas lebih tinggi. Suspensi depan dikombinasikan dengan rangka baru, menawarkan pengendaraan yang lebih sporty dan menarik, sementara triple tree aluminium die-cast terbaru hampir setengah kilogram lebih ringan dibandingkan MT-07 sebelumnya, sebuah faktor yang memainkan peran penting.

Di bagian belakang, mono dan link telah dioptimalkan untuk penyesuaian preload dan peredam rebound, memberikan pengendara kemampuan untuk memodifikasi pengendaraan berdasarkan keadaan dan gaya pribadi.

Bagian belakang Yamaha MT-07. (Foto: Yamaha)

Bersamaan dengan garpu baru, kaliper rem radial dua piston dipasang pada MT-07 untuk pertama kalinya. Elemen-elemen ini meningkatkan kekakuan, untuk tenaga pengereman yang lebih kuat dan seragam.

Untuk aksi kopling yang lebih ringan dan terhubung, MT-07 standar kini dilengkapi dengan assisted slipper clutch (A&S ®).

Penggunaan baja tubular berkekuatan tinggi menjamin tingkat kekakuan dan ketahanan yang tinggi; sasisnya berbobot sama dengan generasi sebelumnya, sekitar 14,8kg. Diameter dan ketebalan tabung baja telah direvisi secara keseluruhan, begitu pula pelat penguat.

Namun, rakitan poros swingarm berbeda secara signifikan dari model sebelumnya, dengan bentuk, ketebalan dan penguatan yang menjadikannya komponen fundamental dalam menentukan keseimbangan dan kelincahan berkendara.

Pilihan Editor: Honda Rilis Moge CMX500 Rebel 2025, Begini Penyegarannya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi