Simak 3 Cara Mencegah Korosi pada Mobil
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 25 Oktober 2024 14:00 WIB
Sejumlah selotip menempel di mobil Volkswagen Karmann Ghia produksi 1955-1974 yang telah berkarat dipajang dalam acara Concours d'LeMons di Seaside, California, AS, 20 Agustus 2016. Michael Fiala/Courtesy of The Revs Institute/Handout via REUTERS
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Korosi atau karat adalah masalah umum yang dapat mengganggu performa dan penampilan mobil. Hal ini dikarenakan ketika logam pada mobil bereaksi dengan air atau udara, menyebabkan oksidasi yang menggerogoti lapisan logam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika tidak segera diatasi, korosi ini bisa menyebar dan merusak struktur mobil secara keseluruhan. Ada beberapa penyebab korosi pada mobil, seperti terkena air hujan dan air laut, terendam banjir, tumpukan debu dan kotoran, pemakaian ekstensif, hingga bekas tabrakan.

Korosi ini memiliki dampak yang serius terhadap mobil, seperti kerusakan struktur bodi mobil, penurunan fungsi komponen mekanis, hingga masalah listrik dan elektronik. 

Pencegahan adalah kunci untuk menjaga mobil tetap awet dan terbebas dari korosi. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk menghindari karat pada mobil.

Berikut tiga cara mengatasi korosi pada mobil, dilansir dari laman Auto2000 pada hari ini, Jumat, 25 Oktober 2024:

1. Mencuci Mobil Secara Berkala

Cuci mobil secara berkala terutama setelah mobil terkena hujan, lumpur, atau debu. Pastikan bagian bawah mobil, roda, dan celah-celah yang sering terlewat juga dibersihkan dengan baik. Jika tingga di area dekat pantai atau sering berkendara dalam kondisi hujan, cuci mobil lebih sering untuk menghilangkan garam atau zat-zat yang bisa memicu korosi.

2. Hindari Parkir di Lingkungan yang Berisiko

Hindari parkir di tempat yang terlalu lembap, dekat dengan pantai, atau di area terbuka yang sering terkena hujan. Jika terpaksa parkir di tempat terbuka, gunakan penutup mobil untuk melindungi bodi mobil dari elemen cuaca.

3. Lakukan Perawatan di Bengkel Resmi

Teknisi profesional di bengkel resmi dapat melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi mobil, termasuk area yang sulit dijangkau seperti bagian bawah atau di dalam celah-celah pintu. Jika ditemukan tanda-tanda awal korosi, mereka bisa segera melakukan perbaikan atau memberikan perawatan yang tepat untuk mencegah penyebaran karat.

Pilihan Editor: Usai Juara WorldSSP300, Aldi Satya Mahendra Promosi ke WorldSSP 2025

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi