Modal Aldi Satya Mahendra sampai Juara Dunia WorldSSP300 Sebesar Rp 5 M Lebih
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 27 Oktober 2024 14:00 WIB
Aldi Satya Mahendra dan kekasihnya. (Gooto/Rafi Rahedian)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aldi Satya Mahendra berhasil menorehkan gelar juara dunia WorldSSP300 2024. Ini menjadikannya sebagai pembalap Indonesia pertama yang sukses meraih gelar juara dunia di pentas balap internasional.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

”Saya sangat berterimakasih kepada Yamaha Indonesia, tim BrCorse, keluarga, para sponsor, fans dan semua pihak yang selalu memberikan dukungan. Gelar juara dunia World Supersport 300 di 2024 ini menggunakan motor Yamaha YZF-R3 sangat berarti bagi saya," kata Aldi Satya Mahendra.

Sebelum berhasil menjadi juara dunia WorldSSP300 2024, nyatanya Aldi Satya Mahendra harus mengeluarkan banyak uang. Modal tersebut tidak ditanggung oleh sang pembalap, melainkan oleh tim Yamaha Indonesia.

Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Wahyu Rusmayadi membocorkan estimasi dana yang dikeluarkan timnya untuk mendukung Aldi Satya Mahendra di ajang WorldSSP300 2024. Ia menyebut Yamaha Indonesia merogoh kocek sekitar 150 ribu euro (Rp 2,548 miliar) sampai dengan 300 ribuan euro atau setara Rp 5 miliar.

"Estimasi biaya untuk Aldi dalam euro kira-kira 150 ribu euro di luar yang lain, (itu) baru set up pertama. Itu 150 ribu euro untuk ketika mau entry. Setelah itu harus bayar timnya, akomodasi, traveling, dan lain-lain," kata dia saat ditemui di Sirkuit Mandalika, Sabtu, 26 Oktober 2024.

"Jadi secara total estimasi 250-300 ribu euro (Rp 4,2 miliar-Rp 5 miliar) sampai akhir musim, kurang lebih segitu. Di luar biaya motor, dan lain-lain. Jadi tim itu ready development, testing, itu yang enggak bisa kita hitung dengan angka," tambah Wahyu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa dana tersebut hasil dari kerja sama dengan para sponsor Yamaha Indonesia. Sedangkan tim BrCorse, yang diperkuat Aldi Satya Mahendra, hanya menyediakan sumber daya manusianya untuk membantu meningkatkan karier sang rider muda Tanah Air.

"Kita bareng sponsor, ditambah Yamaha Europe. Tapi mereka tidak bantu secara finansial, mereka bantunya teknikal knowledge, dan lain-lain," tutup.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Thailand: Enea Bastianini Juara, Marc Marquez Gagal Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi