Bos Ford Jim Farley Takjub dengan Mobil Listrik Xiaomi
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 28 Oktober 2024 06:00 WIB
Mobil listrik Xiaomi SU7. (Foto: Xiaomi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - CEO Ford Jim Farley merasa takjub dengan sedan listrik yang dibuat perusahaan ponsel asal Tiongkok, Xiaomi, yakni SU7. Menurut dia, Xiaomi merupakan raksasa industri karena bisa menjual banyak mobil listriknya meski baru diluncurkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Mereka menjual 10.000 atau 20.000 unit mobil setiap bulan, dan mobil itu ludes terjual dalam waktu enam bulan. Itu adalah raksasa industri, dan merek konsumen yang jauh lebih kuat daripada perusahaan mobil," kata Farley, dikutip dari laman The Drive pada hari ini, Senin, 28 Oktober 2024.

Xiaomi SU7 diperkenalkan pada tahun 2023 dan dihadirkan sebagai perpaduan antara performa dan kemewahan. Dalam beberapa hal, mobil ini mirip dengan Porsche Taycan. Mobil ini memiliki output tenaga maksimal 664 HP.

"Saya mengendarai Xiaomi. Kami menerbangkannya dari Shanghai ke Chicago dan saya sudah mengendarainya selama enam bulan. Sekarang, saya tidak ingin meninggalkannya," ucap Farley.

Ketakjuban Farley terhadap mobil Cina menjadi bukti perkembangan industri mobil Tiongkok selama beberapa tahun terakhir. Pengalaman Farley bekerja di Toyota mengajarkannya bahwa merek yang kecil dan kurang dikenal dapat menjadi ancaman dalam hitungan tahun.

"Saya bekerja di Toyota selama 25 tahun. Ketika saya bergabung dengan Toyota di Amerika Serikat, ada 500 orang di perusahaan tersebut. Kami adalah merek yang kurang dikenal, tidak seorang pun mengenal kami," ucapnya.

"Keluarga saya tidak senang, mereka tidak mau berbicara dengan saya karena mereka malu karena saya bekerja di sana. Dan ada biaya sosialyang sangat besar di Midwest untuk keberhasilan Toyota, sehingga banyak pekerjaan yang hilang, termasuk banyak orang dalam keluarga saya," ujar Farley melanjutkan.

Farley melihat pertarungan serupa akan terjadi, yang kali ini melibatkan merek-merek Cina, dan Farley bertekad untuk mempersiapkan Ford dalam pertarungan itu. Farley bahkan menciptakan tim "skunkworks", karena ia merasa akan kesulitan bersaing dengan BYD.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Thailand: Enea Bastianini Juara, Marc Marquez Gagal Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi