Simak Tips Merawat Motor Agar Tetap Kinclong
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 28 Oktober 2024 09:00 WIB
United E-Motor. (Dok United E-Motor)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sejatinya, warna cat motor bisa bertahan sekitar 5 tahun hingga 10 tahun, dan akan memudar seiring berjalannya waktu. Warna cat motor yang pudar ini membuat tak enak dilihat, apalagi jika pemiliknya tidak melakukan perawatan yang benar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain mesin, pemilik motor juga perlu merawat baik bagian bodi motor. Tujuannya agar motor tetap terlihat kinclong dan sedap dipandang.

Berikut merawat cat motor agar tetap kinclong, dilansir dari laman Wahana Honda pada hari ini, Senin, 28 Oktober 2024:

1. Jangan Pasang Stiker

Memasang stiker pada motor akan menimbulkan bekas dan rentan membuat cat bodi motor ikut terkelupas. Jika memang ingin memasang stiker, setidaknya pilih jenis stiker yang berkualitas.

2. Cuci Motor Secara Rutin

Meskipun motor sekilas tidak terlihat kotor, tetap ada debu dan kotoran lain yang menempel pada bodi motor yang harus segera dibersihkan. Sebab, semakin lama dibiarkan, kotoran tersebut akan menumpuk dan sulit dihilangkan.

Dalam satu minggu, motor setidaknya perlu dicuci minimal satu kali. Selain itu, setelah motor kehujanan, segera cuci, karena air hujan bisa membuat cat motor memudar.

3. Gunakan Sabun Khusus

Saat mencuci motor, gunakan sampo khusus yang memang diformulasikan untuk menjaga cat bodi motor. Penggunaan bahan kimia dan kandungan pH yang tidak tepat memang tidak menimbulkan efek kusam secara langsung, namun jika dilakukan sering, lama-kelamaan akan membuat cat motor lebih cepat kusam dan memudar.

4. Parkir di Tempat Teduh

Pastikan parkir motor di tempat teduh karena paparan cahaya matahari dapat membuat cat motor kusam dan perlahan hilang kilaunya. Pun jika harus parkir di luar ruangan, usahakan motor tidak terpapar sinar matahari langsung, terutama pada siang hari.

5. Gunakan Bahan Poles

Lakukan pemolesan motor untuk menjaga catnya tetap kinclong dan menghilangkan baret-baret halus pada bodi. Perawatan cat ini bisa dilakukan dengan menggunakan cairan khusus poles motor, namun jangan keseringan, karena bisa mengikis dan merusak cat motor.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Thailand: Enea Bastianini Juara, Marc Marquez Gagal Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi