Rasanya Mengendarai Yamaha Nmax Turbo di Sirkuit Mandalika
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 28 Oktober 2024 18:00 WIB
Yamaha Nmax Turbo di Sirkuit Mandalika. (Dok YIMM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Redaksi Gooto berkesempatan untuk mengitari Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggunakan motor Yamaha Nmax Turbo. Pengalaman itu kami rasakan setelah seluruh seri final Yamaha Sunday Race Mandalika berakhir pada Minggu, 27 Oktober 2024. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam kesempatan ini, kami memutari Sirkuit Mandalika sebanyak tiga putaran pada sore hari waktu setempat. Dengan kondisi cuaca panas yang sudah tidak terlalu menyengat, kami akhirnya bisa menikmati motor ini dengan nyaman.

Kecepatan Nmax Turbo langsung kami rasakan ketika melaju di lintasan lurus. Tercatat, kecepatan maksimal yang kami dapatkan di trek lurus Sirkuit Mandalika mencapai 115-an km/jam. Tentunya catatan ini berbeda-beda tergantung gaya si pengendara.

Selama di lintasan Pertamina International Mandalika Circuit, kami tidak terlalu menggeber Yamaha Nmax Turbo terlalu kencang. Keputusan itu diambil untuk tetap mencari aman selama memutari Sirkuit Mandalika. 

Meski begitu, Nmax Turbo sangat nyaman saat dibawa menikung di belokan tajam. Namun angin besar di Tikungan 13 dan 14 sempat membuat kami tergoyang. Karena saat itu kami mebanting badan dari kanan ke kiri secara cepat.

Terlepas dari hempasan angin yang kencang, kami tidak merasakan limbung saat bermanuver, dan di posisi ini kecepatannya pun tak kalah hebat. Itu berkat disematkannya fitur Y-Shift. Sayangnya kami tidak mencatat berapa kecepatan yang didapat saat menikung.

Y-Shift sendiri dapat digunakan oleh pengendara untuk melakukan akselerasi ataupun deselerasi secera lebih cepat dengan menekan tombol Shift yang terletak pada bagian bawah setang kemudi kiri. Kami menggunakan fitur ini hanya saat deselerasi ketika ingin menikung. 

Teknologi ini membantu pengemudi mendapatkan putaran mesin secara lebih maksimal, layaknya engine break yang ada di motor gigi atau manual. Fitur ini hanya bisa digunakan sebanyak tiga kali dalam satu kesempatan atau sama dengan ketika pengemudi menurunkan gigi dari 4 ke 1. Dengan fitur ini, Yamaha Nmax Turbo bisa mendapatkan putaran mesin yang maksimal ketika kembali digas. 

Cara menggunakannya, pengemudi hanya perlu melepas atau menutup gas ketika hendak berbelok. Setelah itu, tekan tombol Shift sesuai keinginan dengan jumlah maksimal sebanyak tiga kali. Semakin banyak ditekan tombolnya, maka mesin semakin menggerung, dan putaran mesinnya semakin mantap untuk kembali digeber.

Pilihan Editor: Hasil Sprint Race MotoGP Thailand: Enea Bastianini Juara, Marc Marquez Gagal Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi