Hyundai Motor dan Toyota Motor Corporation Gelar Racing Festival di Korea Selatan
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 28 Oktober 2024 20:00 WIB
'Hyundai N x TOYOTA GAZOO Racing Festival' (Foto: Hyundai)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Hyundai Motor Company bersama dengan Toyota Motor Corporation sukses menggelar perhelatan ‘Hyundai N x TOYOTA GAZOO Racing Festival’ pertama di Yongin Speedway, Korea Selatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski bersaing di World Rally Championship (WRC), Hyundai N dan TOYOTA GAZOO Racing berkolaborasi dalam acara ini untuk memamerkan mobil produksi dan mobil balap berperforma tinggi dari Hyundai dan Toyota.

Dikabarkan bahwa tiket sold out, acara ini menyoroti komitmen bersama kedua perusahaan dalam meningkatkan budaya motorsport di Korea Selatan dan memperkuat keterlibatan pelanggan. 

Euisun Chung, Executive Chair Hyundai Motor Group menyebut melalui brand performa tinggi N, pihaknya berkomitmen menghadirkan pengalaman yang mendebarkan dan memenuhi keinginan semua penggemar otomotif.

‘Hyundai N x TOYOTA GAZOO Racing Festival’. (Foto: Hyundai)

"Kami akan terus melangkah maju di dunia motorsport bersama Toyota agar lebih banyak orang dapat merasakan sensasi berkendara. Saat saya bertemu dengan Chairman Akio Toyoda awal tahun ini, kami menemukan kecintaan yang sama terhadap dunia balap, dan saya senang kami dapat menyelenggarakan acara ini. Chairman Akio Toyoda adalah sosok di industri otomotif yang sangat saya hormati, dan merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk berada di sini bersamanya hari ini,” ungkap dia dalam keterangan resminya, Senin, 28 Oktober 2024.

Setelah aksi kedua eksekutif tersebut, brand Hyundai N memanjakan para penggemar dengan pertunjukan dinamis menggunakan i20 N Rally 1 Hybrid, dua mobil kompetisi i20 N Rally 2 untuk motorsport konsumen, jajaran N berperforma tinggi yang diproduksi massal – termasuk IONIQ 5 N dan Elantra N – serta IONIQ 5 N Drift Spec.

Para pembalap yang turut berpartisipasi dalam pertunjukan Hyundai N adalah Thierry Neuville, yang saat ini memimpin kejuaraan pembalap WRC 2024, Dani Sordo, Andreas Mikkelsen, dan Mikel Azcona, juara World Touring Car Cup 2022.

Tak ketinggalan, Toyota menampilkan jajaran kendaraan berperforma tingginya dengan pertunjukan dinamis menggunakan GR YARIS Rally 1 HYBRID, GR Yaris Rally 2, GR Supra, dan GR86.

Adapun para pembalap yang turut tampil meliputi pembalap WRC Toyota saat ini Takamoto Katsuta, kepala tim TOYOTA GAZOO Racing World Rally Jari-Matti Latvala, dan Norihiko Katsuta, juara Reli Jepang sembilan kali sekaligus ayah dari Takamoto Katsuta.

‘Hyundai N x TOYOTA GAZOO Racing Festival’. (Foto: Hyundai)

Festival ini juga menyajikan berbagai program partisipatif yang dirancang memberikan pengalaman langsung kepada pelanggan, termasuk acara track day yang melibatkan 30 pemilik model Hyundai N dan 30 pemilik kendaraan TOYOTA GR yang mengemudikan mobil berperforma tinggi mereka sendiri di sirkuit Yongin Speedway. Melalui program ini, mereka bisa merasakan langsung performa mobil mereka di sirkuit berstandar profesional.

Program imersif lainnya termasuk ‘WRC Taxi’, di mana pelanggan bisa merasakan langsung pengalaman berkendara dengan mobil balap WRC lengkap sekaligus menyaksikan manuver gaya reli yang mengesankan. Selain itu ada juga program ‘WRC Circuit Taxi’, di mana pembalap dari kedua perusahaan, termasuk master driver ‘Morizo’ sendiri, membawa penumpang mengitari sirkuit dengan high-speed, menampilkan potensi maksimal dari kendaraan WRC masing-masing brand.

Kemeriahan juga menampilkan ‘Gymkhana Competition’, di mana pembalap profesional dari Hyundai N dan TOYOTA GAZOO Racing bekerja sama dengan pelanggan untuk berkompetisi menggunakan Avante N dari Hyundai dan GR86 dari Toyota. Selain itu, terdapat area ‘Show & Shine’ yang dirancang untuk memamerkan kendaraan-kendaraan custom peserta, mengangkat budaya tuning yang mengelilingi kedua brand.

Acara ini mencapai puncaknya dengan ‘Parade Lap’.  Dipimpin oleh Executive Chair Chung dan Chairman Toyoda, parade ini menampilkan 66 kendaraan Hyundai N dan TOYOTA GAZOO Racing yang dikemudikan oleh pelanggan. Hyundai Motor dan Toyota Motor Corporation juga memamerkan kendaraan berperforma tinggi generasi berikutnya masing-masing di stan brand mereka selama acara berlangsung.

Euisun Chung, Executive Chair Hyundai Motor Group dan Akio Toyoda, Chairman Toyota. (foto: Hyundai)

Sementara itu, booth Toyota menghadirkan beberapa model inovatif. Salah satunya adalah ORC ROOKIE GR Corolla H2 Concept, serta AE86 H2 concept, kendaraan bertenaga mesin pembakaran internal hidrogen yang berbasis pada Toyota Sprinter Trueno. Selain itu, mobil konsep dari jajaran berperforma tinggi, termasuk GR Supra dan GR86, juga dipamerkan.

Lebih lanjut, event ini semakin lengkap dengan berbagai atraksi lainnya, yaitu ‘WRC Game Zone’, di mana para pengunjung dapat mengemudikan kendaraan Hyundai N dan TOYOTA GAZOO Racing secara virtual melalui simulator balap. Pengunjung juga dapat menyaksikan mobil balap kompetisi yang sedang diservis dan dipersiapkan untuk acara, persis seperti yang dilakukan di tahap WRC di area ‘Racing Car Service Park’.

Pilihan Editor: All-new Toyota C-HR Meluncur di Eropa

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi