Mazda Indonesia Segera Luncurkan MPV Mewah Mazda 8
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 25 April 2011 12:26 WIB
Mazda8 MPV (Dok. Mazda)
Iklan
Iklan

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Mazda Motor Indonesia (MMI) segera memasarkan varian Multi Purpose Vehicle (MPV) mewah Mazda 8. Namun, sebelum meluncurkannya untuk publik, MMI akan memperlihatkan MPV tersebut untuk kalangan jurnalis pada Rabu, 27 April 2011.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kami belum bisa memastikan kapan mobil itu siap untuk dipasarkan karena kami juga harus menunggu kepastian dari Jepang. Yang pasti segera dan tahun ini," papar Astrid Ariani Wijana, Manajer Pemasaran PT MMI saat dihubungi hari ini, Senin (25/4).

Dia menegaskan bahwa spesifikasi mesin maupun fitur pendukung keamanan dan kenyamanan MPV itu tak berbeda dengan spesifikasi di Jepang maupun negara Asia lainnya. "Terlebih untuk peranti keamanan dan kenyamanan, tidak berubah," kata Astrid tanpa bersedia memerinci dengan dalih peluncuran masih belum dipastikan.

Mazda Motor Corporation di situs resminya menyebutkan, Mazda 8 mengusung mesin berkapasitas 2.300 cc, empat silinder DOHC 16 valve berbahan bakar bensin. Mesin itu menghasilkan tenaga 160 daya kuda pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 203 Newton meter pada 3.500 rpm.

Tenaga dari mesin itu disalurkan ke roda melalui peranti transmisi otomatis activematic lima tingkat percepatan. Adapun sistem penggeraknya menggunakan penggerak roda depan.

Mobil dengan panjang 4,68 meter (m), lebar 1,85 m, dan tinggi 1,68 m itu menggunakan chassis Mazda Geometric Motion Absorption (MAGMA). Peranti Anti Brake-Lock System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist System (BA), comfort seat menjadi fitur standar MPV tersebut.

Begitupun dengan peranti navigasi Global Positioning System (GPS), sistem audio dengan layar sentuh, DVD player. Dengan sederet fitur yang ditawarkan, Mazda 8 akan disandingkan dengan Toyota Alphard dan Nissan Elgrand.

Lantas bagaimana dengan harga? "Itu belum kami putuskan," elak Astrid.

Sekadar perbandingan di Malaysia, MPV itu dibanderol RM 130 ribu atau sekitar Rp 546,36 juta.

ARIF ARIANTO

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi