REUTERS/Arnd Wiegmann

Bikin Mobil Listrik, VW Gandeng Jianghuai Automobile Cina

Kamis, 08 September 2016 | 02:56

TEMPO.CO, Jakarta - Volkswagen AG (VW) dan Anhui Jianghuai Automobile Co, Ltd (JAC) menandatangani nota kesepahaman kerja sama jangka panjang dalam mengembangkan kendaraan listrik di Cina. Ketua Dewan Manajemen VW, Matthias Muller, mengatakan kerja sama ini untuk membentuk kemitraan yang kuat dan saling menguntungkan.

"Kerja sama ini tidak hanya akan menguntungkan dua perusahaan, tetapi juga akan bernilai besar kepada pelanggan, lingkungan, dan masyarakat Cina pada umumnya," kata Müller dalam acara penandatanganan kerja sama di Wolfsburg, Jerman, dikutip dari Automotiveworld, Kamis, 7 September 2016 waktu setempat.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, kedua pihak mengevaluasi perspektif dan kelayakan melalui joint venture yang berfokus pada kendaraan dengan energi baru atau new energy vehicles (NEV). Keduanya bekerja sama dalam penelitian dan pengembangan, manufaktur, penjualan, dan layanan mobilitas NEV, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar. "Prioritas utama adalah untuk mengembangkan solusi mobilitas tanpa emisi."

Kepala Eksekutif Anhui Jianghuai Automobile, An Jin, berharap kerja sama berfokus pada kendaraan energi terbarukan. Menurut dia, ini memberikan konsumen di Cina efektivitas produk baterai kendaraan bertenaga listrik. Dia juga menilai kerja sama ini bisa mendorong transformasi industri otomotif Cina.

An Jin menegaskan kerjasama JAC dan VW bertujuan untuk menciptakan model kendaraan bersama (joint platform). "Kami berharap untuk mengembangkan kerja sama ini menjadi sebuah model bisnis baru dalam industri otomotif di Cina."

Sebagai langkah lanjutan ditetapkan skema "Together - Strategy 2025". Volkswagen berencana mengembangkan lebih dari 30 model kendaraan bertenaga listriselama sepuluh tahun ke depan. Adapun JAC kebagian skema penelitian dan pengembangan (R&D), produksi, penjualan dan pelayanan.

JAC juga memiliki bisnis lain yang berkaitan dengan produksi dan penjualan kendaraan komersial dan penumpang, termasuk produksi powertrain. JAC juga memasarkan dua merek kendaraan, Jianghuai dan Ankai.

ARKHELAUS W.

Berita Terpopuler
Ford Rilis Mobil tanpa Sopir pada 2021
Toyota Tampilkan Mirai dan C-HR di GIIAS 2016
GIIAS 2016, Pasar Respons Positif Tata Xenon XT D-Cab 4x4
Suzuki Luncurkan SX4 S-Cross, Dibanderol Rp 246,9 Juta


 


 



Komentar