Kia sportage crossover. kia.com

71.704 Unit Kia Sportage Crossover Ditarik

Rabu, 23 November 2016 | 10:05

TEMPO.CO, California – Kia Motors Amerika menarik kembali 71.704 unit produknya, yaitu jenis Kia Sportage Crossover. Produk yang ditarik adalah keluaran 2008 dan 2009 yang terkumpul mulai 9 Agustus 2007 hingga 13 Mei 2009.

Juru bicara Kia, James Hope, mengatakan penarikan tersebut dilakukan lantaran pertimbangan masalah keamanan bagi penumpang. “Karena unit kontrol elektronik memperoleh sirkuit pendek dan menyebabkan kebakaran,” ucapnya, seperti dilansir Autonews, Selasa, 22 November 2016.

Hope menjelaskan, penutup pada unit kontrol pengereman Sportage pada Kia mungkin tidak tertutup dengan benar. Pernyataan itu disampaikan dalam dokumen yang diajukan dengan Highway Traffic Safety Administration National. Konektor harness kawat berpotensi menimbulkan korosi, yang kemudian menyebabkan korsleting dan api.

Menurut Hope, pihaknya merekomendasikan pelanggan memarkir kendaraan mereka di luar ruangan. Selain itu, kendaraan harus berada jauh dari kendaraan atau struktur lainnya sampai perbaikan recall telah dilakukan.

Kia akan mulai memberitahukan kendaraan pemilik yang terkena potensi kerusakan pada 28 November. Dealer akan menggantikan perakitan unit kontrol jika korosi terjadi. “Jika tidak, itu akan menggantikan penutup unit,” ujar Hope.

Hope mengatakan Kia mulai penyelidikan masalah tersebut pada April setelah menerima laporan munculnya api pada mesin kendaraan yang terparkir. Perusahaan tersebut menyadari ada sembilan keluhan pelanggan mengenai peristiwa termal.

Bagian yang rusak diproduksi oleh pemasok Korea Selatan, Mando Corp. Sementara Mando menempati peringkat ke-45 dalam daftar Automotive News dari 100 pemasok komponen global dengan penjualan di seluruh dunia untuk mobil senilai US$ 5,6 miliar pada 2015.

AUTONEWS | DANANG FIRMANTO



Komentar