Mitsubishi Fuso Colt Diesel yang dimodikasi. Tahun ini penjualan Colt Diesel di Indonesia mencapai 1 juta unit. Jumat, 10 Februari 2017. Foto Wawan Priyanto

Modifikasi Ekstrem Mitsubishi Fuso Colt Diesel, Ini Hasilnya

Sabtu, 11 Februari 2017 | 07:54

TEMPO.CO, Jakarta - Namanya sudah hobi, harga bukan menjadi masalah. Itu yang ada di benak Rian Dwicahyo asal Baturaja, Palembang. Rian membeli sebuah truk Mitsubishi Fuso Colt Diesel pada 2015 dengan harga Rp 275 juta.

Setelah dibeli, truk gres yang baru keluar dari showroom itu lalu dikirim ke sebuah perusahaan karoseri di Banyumas, Jawa Tengah. Ia pun tak enggan mengeluarkan uang tunai Rp 115 juta hanya untuk memodifikasi truk Colt Diesel itu.

"Saya ingin modifikasi. Untuk lomba," kata Rian kepada Tempo di kantor PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors di Kawasan Pulomas, Jakarta, Jumat, 10 Februari 2017.

TEMPO.CO, Jakarta - Namanya sudah hobi, harga bukan menjadi masalah. Itulah yang ada di benak Rian Dwicahyo asal Baturaja, Palembang. Rian membeli sebuah truk Mitsubishi Fuso Colt Diesel pada 2015 dengan harga Rp 275 juta.

Setelah dibeli, truk gres yang baru keluar dari showroom itu lalu dikirim ke sebuah perusahaan karoseri di Banyumas, Jawa Tengah. Ia pun tak enggan mengeluarkan uang tunai Rp 115 juta hanya untuk memodifikasi truk Colt Diesel itu.

”Saya ingin modifikasi. Untuk lomba,” kata Rian kepada Tempo di kantor PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors di Kawasan Pulomas, Jakarta, Jumat, 10 Februari 2017.

Baca:
Suzuki Ignis Masuk Indonesia, Ini Jadwalnya
5 Mobil Toyota Ini Borong Penghargaan

Di Banyumas, truk yang masih dalam bentuk casis atau trondol itu dipercayakan ke karoseri Nirwana Custom Truck. Konsepnya, sepenuhnya diserahkan ke pemilik karoseri, Vika. Vika, yang membuka usaha karoseri sejak 2010, tak kesulitan membuat konsep truk spesial untuk Rian. Terinspirasi dari lomba balap Tracktor Head di Eropa, Vika lantas membuat Colt Diesel tampak tak biasa.

Depan-belakang dipasangi spoiler rendah ala truk balap sungguhan. Begitu pula di sisi samping kiri dan kanan. Ditutup pelat sejajar dengan spoiler depan dan belakang. Uniknya, pelat yang terbuat dari bahan ezer itu bisa dinaik-turunkan menggunakan hidraulik. “Pengoperasiannya manual, karena lebih mudah,” ujar Vika.

Simak:
2017, KTB Targetkan Penjualan Mitsubishi Fuso Naik 10 Persen
Ini Cara Suzuki Pasarkan Ertiga Diesel



Untuk cat, Vika mempercayakan pada merek Sikkens. Sedangkan bak belakang berwarna emas menggunakan pelat ezer dengan ketebalan 0,3 milimeter. Bagian tersulit dari modifikasi ini adalah penempatan hidraulik hampir di semua cover di bagian bawah. “Meski hanya dioperasikan secara manual, hidraulik ini cukup mudah dioperasikan,” ujarnya.

Selama satu tahun truk itu berada di tangan Vika. Hasilnya tak mengecewakan. Truk Colt Diesel hasil modifikasi Vika berhasil menjadi juara di Kontes Akbar Modifikasi Truk (KAMT) Kayu Super 2016 di Yogyakarta. Bukan hanya satu, melainkan dua kategori sekaligus, yakni juara II kategori cat dan juara II kategori modifikasi ekstrem.

Hanya, Rian mengakui bahwa truk ini tidak digunakan untuk mobil angkutan. Truk kesayangannya ini hanya dipajang di garasi di rumahnya di Baturaja. Sesekali, ia duduk berlama-lama di dalam kabin sambil mendengarkan lagu-lagu kesayangan dari sound system yang juga dimodifikasi. “Saya menamakannya EMP Putra,” ujarnya. 

WAWAN PRIYANTO




Komentar