Suzuki Ignis. TEMPO/Wawan Priyanto

Suzuki Ignis Dipastikan Meluncur Pekan Depan, Ini Updatenya

Selasa, 11 April 2017 | 03:34

TEMPO.CO, Jakarta - PT Indomobil Suzuki Sales (SIS) akan meluncurkan Suzuki Ignis untuk pasar Indonesia pada Senin pekan depan, 17 April 2017. Dalam undangan yang diterima Tempo, peluncuran akan dilakukan di sebuah hotel mewah di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Suzuki Ignis merupakan kendaraan mini crossover 5 penumpang. Model ini pernah diperkenalkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Agustus tahun lalu. Deputy Manager Director SIS Setiawan Surya kepada Tempo, Januari lalu mengklaim tanggapan konsumen terhadap kemunculan Suzuki Ignis di GIIAS luar biasa. “Rata-rata meminta Ignis segera dipasarkan," katanya.

Setiawan berharap Ignis akan menciptakan pasar baru di Indonesia. Suzuki menilai, segmen ini memiliki market fanatik, khususnya anak muda berjiwa petualang dan dinamis. "Model yang akan masuk nanti sama dengan yang dipamerkan di GIIAS 2016," ucapnya.

Baca:
Suzuki Ignis Segera Meluncur, Siap Gusur Brio dan March
Desain Mobil Legenda Suzuki Ada di Ignis
Klaim Suzuki, Konsumen Tak Sabar Menunggu Ignis

Di sejumlah medioa sosial, telah beredar video review tentang Suzuki Ignis. Exterior tampak sama, tapi interiornya berbeda. Salah satu perbedaan itu terletak pada head unit. Ada yang menggunakan layar setuh 7 inci, ada pula yang hanya menggunakan double din. “Untuk head unit, semua varian sepertinya akan menggunakan double din,” kata seorang pejabat Suzuki kepada Tempo beberapa waktu lalu.

Mobil konsep Ignis pertama kali diperkenalkan di Geneva International Motor Show pada Maret 2015 dengan nama Suzuki iM-4. Versi produksi mulai muncul di gelaran Tokyo Motor Show pada Oktober 2015.

Pada 21 Januari 2016, Ignis mulai dipasarkan di Jepang. India merupakan negara kedua yang memasarkan Ignis dengan Maruti Suzuki Ignis—tentu dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan pasar India dan menggantikan Maruti Ritz.

Simak:
Industri Pelumas Makin Dinamis, Ini Strategi Pertamina Lubricants
Daihatsu Habiskan Rp 1 Triliun Bangun Riset di Karawang
Model Baru Ayla dan Agya, Layak Dibeli?

 

Versi di India, Ignis dibekali mesin diesel 1,3 liter yang menghasilkan tenaga maksimum 75 bhp dan torsi maksimum 190 Nm. Ignis juga dibekali mesin bensin 1,2 liter K-series yang menghasilkan tenaga 82 bhp dan torsi 113 Nm. Suzuki menawarkan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 5-percepatan AMT.

Di Eropa, Inggris menjadi negara pertama yang merasakan Ignis. Di Negeri Ratu Elizabeth, Ignis dibekali mesin bensin berkapasitas 1,2 liter dan hibrida. Di Inggris, model ini dipasarkan dengan harga mulai Rp 170 jutaan.

Lalu, mesin mana yang akan masuk Indonesia? Tempo sempat mengunjungi langsung kantor pusat SIS di Pulo Gadung. Sebuah Suzuki Ignis berwana merah mejeng di lobi gedung. Ignis berwarna merah ini masih menggunakan head unit layar sentuh 7 inci. Belakangan, Ignis berwarna merah diganti dengan Ignis bercat putih.

Bedanya, LCD pada Ignis bercat putih ini menggunakan double din, bukan layar sentuh seperti pada Ignis berwarna merah. Ignis berwarna putih inilah yang diyakini sebagai Ignis dengan spesifikasi untuk pasar Indonesia. Mobil ini menggunakan mesin 1.2 liter 4 silinder dengan rentang harga diperkirakan antara Rp 140 juta hingga Rp 170 juta. 

WAWAN PRIYANTO

Video terkait:




Komentar