Pemesan Yamaha Xmax 250cc mengunjungi Pabrik Yamaha di Pulogadung, Jakarta, 21 Februari 2017. Foto: Yamaha

Yamaha Xmax 300cc Buatan Indonesia Mulai Diekspor ke Eropa

Selasa, 18 April 2017 | 11:55

TEMPO.CO, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan ekspor Yamaha Xmax 300cc ke pasar Eropa. Pelepasan perdana ekspor motor skuter matik bongsor ini dilakukan di Kantor Pusat YIMM di Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa, 18 April 2017.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Board of Director dan Management YIMM, serta Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan.

General Manager Aftersales YIMM Muhammad Abidin mengatakan Yamaha Xmax 300cc merupakan produk global. Pengiriman ini adalah untuk pertama kalinya Yamaha Indonesia memproduksi Xmax yang diekspor ke Eropa. “Ekspor dimulai April 2017 ini,” kata Abidin dalam siaran pers yang diterima Tempo, Selasa, 18 April 2017.

Baca: Divonis KPPU, Yamaha: Harga Tinggi karena Pajak

Menurut Abidin, YIMM telah mengambil peranan penting bagi Yamaha Motor Corporation Jepang selama 20 tahun sebagai Global Factory untuk semua Keluarga Yamaha di dunia. Tentunya dengan terpenuhinya Global Standard Quality Control Yamaha dengan upaya besar.

 “Saat ini Yamaha Indonesia telah mengekspor produk seperti R25, R3, Nmax ke Eropa, Jepang, Amerika Serikat, Australia dan negara lainnya,” ujarnya.

Baca: Dihukum KPPU soal Bisnis Skutik, Honda dan Yamaha Melawan

Abidin mengklaim, saat ini Yamaha Indonesia adalah perusahaan sepeda motor nomor satu terbesar di Indonesia dalam hal volume ekspor. “Secara kumulatif, lebih dari 1 juta unit sejak tahun 1997,” katanya.

Tahun 2016 lalu YIMM dianugerahi penghargaan sebagai perusahaan yang mendapatkan penghargaan sebagai Exportir Terbaik dalam KPU (Kantor Pelayanan Umum) Bea dan Cukai Award Tipe A Tanjung Priok.

WAWAN PRIYANTO




Komentar