Mike Mills dan Shannon Mills, pengendara sepeda motor Suzuki DR650 dari Amerika Serikat saat singgah di titik 0 kilometer di Pulau Sabang, Aceh, Mei 2017. Pasangan ini sedang melakukan perjalanan keliling dunia sejak 2014. Pasangan ini telah melintasi 41 negara dan lintas benua. Dok. Pribadi.

Keliling Dunia Naik Motor, Pasutri dari AS ini Tiba di Indonesia

Senin, 15 Mei 2017 | 01:58

TEMPO.CO, Jakarta - Suami istri asal Amerika Serikat, Mike Mills dan Shannon Mills, keliling dunia dengan mengendarai 2 unit sepeda motor Suzuki DR650. Saat ini, pasutri tersebut singgah di Indonesia setelah melakukan perjalanan panjang melintasi 41 negara dan llintas benua. Perjalanan mereka telah dimulai dari sejak 2014 silam.

Mike dan Shannon merupakan pasangan yang berasal dari Seattle, Amerika Serikat. Keduanya sama-sama hobi mengendarai motor dan memiliki misi yaitu mengkampanyekan humanitas dan keramahan beragam penduduk yang berbeda negara dan budaya.

Mike Mills saat melintasi area persawahan dalam rute Pulau Sabang-Jakarta, Mei 2017. Dok Pribadi.

Mereka ingin membuktikan bahwa pemberitaan beberapa negara yang dinyatakan berbahaya itu tidak benar. Mereka justru menemukan bahwa semua orang diberbagai negara itu sama baiknya meski dengan pendekatan yang berbeda. Karena itulah mereka berani untuk berkeliling dunia dan bertemu penduduk setempat. “Orang-orang yang kita temui di setiap negara itu sangat ramah dan luar biasa,” kata Mike dalam siaran pers yang diterima Tempo, Senin, 15 Mei 2017.

Baca: Jeffrey Polnaja Kembali Touring Keliling Dunia

Bermodalkan motor penjelajah Suzuki DR650 tahun 2009 (Mike) dan Suzuki DR650 1996 (Shannon), mereka mulai berkeliling dunia. Mereka ingin menekankan, keliling dunia pun bisa dilakukan orang biasa tanpa memerlukan dukungan dana sponsor yang melimpah. Seluruh biaya perjalanan menggunakan dana pribadi.

Dalam perjalanan keliling dunia menggunakan sepeda motor Suzuki DR650, suami istri Mike Mills dan Shannon Mills melintasi pegunungan dan hutan belantara. Bahkan mereka sering bermalam di kawasan terbuka. Saat ini, pasangan suami istri asal Amerika Serikat itu sedang singgah di Indonesia. Dok. Pribadi.

“Kita bisa melangkah keluar dari pintu kita, mengendarai sepeda motor dan menjadi Christopher Columbus, National Geographic, dan Sir Ernest Shackleton. Hidup itu terbatas dan berharga,” ujar Shannon.

Mike dan Shannon memulai perjalanan ini sejak 6 September 2014 dari kediamannya di Seattle, Amerika Serikat, dan langsung melakukan perjalanan ke arah selatan lalu kemudian menyebrang ke Eropa dan dilanjutkan hingga Asia Tenggara. Total jarak tempuh perjalanan mereka hingga saat ini sekitar 81.859 kilometer,dengan total bermalam di perjalanan sebanyak 981 hari dan melakukan kemping sebanyak 345 hari.

Simak: Wind Rider, Kisah Keliling Dunia Jeffrey Polnaja

Perjalanan mereka telah melewati 41 negara yaitu Amerika Serikat, Meksiko, Belize, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Bolivia, Cile, Argentina, Uruguay, Belgia, Inggris, Prancis, Spanyol, Andorra, Lichtenstein, Swiss, Austria, Italia, Slovenia, Kroasia, Serbia, Rumania, Montenegro, Bulgaria, Maroko, Turki, Nepal, India, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Malaysia, dan saat ini telah sampai di Indonesia.

Suzuki DR650 tunggangan Mike Mills dan Shannon Mills untuk keliling dunia. Saat ini, pasangan suami istri asal Amerika Serikat itu singgah di Indonesia. Dok. Pribadi.

Setibanya di Indonesia, mereka masuk melalui Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara lalu berkendara ke utara menuju Banda Aceh dan Pulau Weh, kemudian bergerak ke selatan menyusuri pantai barat menuju Bandar Lampung.

Di Bandar Lampung, mereka harus naik kapal ke Pelabuhan Tanjung Priok, karena sepeda motor Shannon mengalami sedikit kendala dan harus diperbaiki. Beruntungnya bengkel resmi Suzuki Sejahtera Motor Gemilang yang berada di Sunter, Jakarta Utara, mampu menangani perbaikan hingga tuntas.

Rencananya mereka selanjutnya akan terbang ke Sumbawa, Nusa Tenggara Barat untuk menghadiri pertemuan tahunan bertajuk Horizons Unlimited Indonesia (18 – 21 Mei 2017) yang diselenggarakan oleh Jeffry Polnaja. Jeffry merupakan orang Indonesia pertama yang berkeliling dunia dengan sepeda motor selama tujuh tahun.

Sepeda motor Suzuki DR650 milik Shannon Mills sedang diperbaiki di salah satu bengkel Suzuki di Jakarta Utara. Shannon dan suaminya, Mike Mills, singgah di Indonesia dalam rangka keliling dunia menggunakan sepeda motor Suzuki DR650. Dok. Pribadi.

Menariknya, mereka akan menjadi pembicara tamu pada pertemuan tersebut dan akan menunjukkan sebuah film yang dibuat tentang perjalanan selama di Amerika Latin. Setelah itu mereka berencana akan kembali ke Jakarta dan kemudian mulai mengendarai sepeda motor lagi ke Bali. Mereka akan menghabiskan sekitar tiga minggu berkendara di Pulau Jawa. Target akhirnya mereka akan menuntaskan perjalanan di indonesia dan berlayar ke Vancouver, Kanada.

Mike memilih tunggangan Suzuki DR650 karena dianggap sebagai motor tangguh yang mampu digunakan untuk melaju di lintasan aspal maupun jalanan tanah yang kotor. “Dengan penggunaan ban yang tepat kedua motor kami bisa berjalan ke mana saja. Mereka kuat, bisa diandalkan dan mudah dipelihara. Jika saya bisa memulai perjalanan ini lagi, saya akan menggunakan motor yang sama, Suzuki DR650,” tutur Mike.

Kisah perjalanan keliling dunia Mike dan Shannon dapat terus diikuti melalui website mereka yaitu www.smboilerworks.com.

WAWAN PRIYANTO




Komentar