Sejumlah pengunjung melihat mobil asal Cina, Wulling motors yang dipamerkan dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, ICE BSD, Tangerang, Banten. Gelaran GIIAS 2016 dijadikan Wuling sebagai ajang untuk memperkenalkan produk-produknya kepada masyarakat Indonesia. TEMPO/Fajar Januarta

Wuling, Pabrik Mobil Cina di Cikarang Siap Berproduksi

Kamis, 18 Mei 2017 | 11:02

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen mobil asal Cina, Wuling Motors, melalui anak usahanya di Indonesia, PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia, bersiap memulai produksi. Ini merupakan  produk pertamanya di Indonesia, yang lokasi pabriknya berada di kawasan Greenland International Industrial Centre (GIIC) Cikarang, Jawa Barat.

Wuling akan memproduksi mobil low multipurpose vehicle (MPV) yang peluncurannya dilakukan pada kuartal ketiga tahun ini. Low MPV bakal LMPV) Wuling diprediksi semakin memanaskan persaingan mobil di segmen yang dikenal sebagai pasar gemuk ini.

Baca: Penjualan Wuling di Cina 2,13 Juta Unit

Pada segmen tersebut sejumlah merek yang sudah lama muncul di pasar adalah Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza. Dalam informasi publiknya yang diterima Bisnis.com, Wuling Motors memperlihatkan fisik gedung dan fasilitas pabriknya di Cikarang dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 120 ribu unit.

Wuling memulai pembangunan pabrik yang ditandai dengan peletakan batu pertama pada Agustus 2015. Pembangunan pabrik dan supplier park menelan investasi US$ 700 juta. Sebanyak 3.000 pekerja terserap pada industri ini.

"Kami sangat bangga dengan pabrik pertama kami di Indonesia. Pabrik ini menunjukkan keseriusan kami untuk memasuki pasar Indonesia, dan merupakan pencapaian penting bagi Wuling di Indonesia. Dalam waktu dekat, kami siap untuk memproduksi dan meluncurkan produk pertama kami di kuartal ketiga 2017," kata Arif Pramadana, Direktur Senior Manufaktur Wuling Motors, Kamis, 18 Mei 2017.

Baca: Di Negara Asalnya Wuling Pecahkan Rekor Penjualan

Pabrik Wuling telah dilengkapi dengan teknologi global General Motors (GM), yaitu Global Manufacturing System (GMS) yang digunakan di seluruh pabrikan GM di seluruh dunia, termasuk Wuling di Indonesia untuk memastikan pabrik Wuling telah memenuhi standar internasional.

Sistem ini memungkinkan Wuling untuk mencapai proses produksi yang efisien dan berkualitas tinggi. Wuling telah membawa 15 pemasok komponen internasional ternama dan juga bekerjasama dengan sekitar 20 pemasok komponen lokal untuk dapat berproduksi di Supplier Park Wuling.

Para pemasok diharapkan untuk memulai kegiatan produksi di Supplier Park Wuling tahun ini.  "Seperti yang sudah direncanakan, lebih dari separuh komponen untuk produk pertama Wuling akan menggunakan produk lokal. Ke depannya, diharapkan kontribusi pemasok komponen lokal dapat meningkat seiring dengan berkembangnya produksi Wuling," ujar Arif.

BISNIS.COM




Komentar