PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meresmikan penambahan fasilitas dealer Hino Sragen, Sragen, Jawa Tengah, Selasa, 21 Maret 2017. Penambahan fasilitas layanan dari 1S menjadi 3S (sales, service, & sparepart) untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dok. Hino.

Kejar Target, Hino Perbaharui Jaringan di Kediri

Kamis, 18 Mei 2017 | 06:54

TEMPO.CO, Jakarta - PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) memperbaharui jaringan di kediri, Jawa Timur, yang semula Mini 3S (sales, service, sparpart) menjadi Big 3S.

Dealer ini beroperasi di bawah bendera PT Indomobil Prima Niaga Surabaya (IPN S) dan fokus memasarkan model kendaraan niaga MDT (medium duty truck) Hino New Generation Ranger dan LDT (light duty truck) Hino Dutro. Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo mengatakan, Jawa Timur satu pasar penting bagi perusahaan.

Sepanjang 2016, perusahaan mengklaim  IPN S mencatatkan penjualan positif, dengan menguasai 64 persen pangsa pasar MDT. Hal ini menjadikan Hino pemimpin pasar di kelas tersebut selama 17 tahun. “Kami yakin dan optimistis pembukaan diler ini dapat memfasilitasi permintaan dari para pengusaha di wilayah ini dan meningkatkan penjualan kami,” kata Santiko dalam keterangan resmi, Kamis, 18 Mei 2017.

Baca
Pelajari Harga dan Spesifikasi 3 Varian Honda Vario
Yamaha Glorious, Skuter Cantik dari Vietnam
Motor Rakitan Lokal Semakin Dilirik Pasar Global  

Total pasar MDTdi Jawa TImur sepanjang tahun lalu sebanyak 2.203 unit, di mana Hino menyumbangkan 1.302 unit. Setiap bulan rata-rata penjualan mencapai 108 unit. Sementara itu segmen LDT, pada periode yang sama Hino menguasai 22 persen pangsa pasar dengan volume penjualan sebanyak 1.434 unit.

“Tren ini berlanjut pada kuartal pertama 2017, market share [pangsa pasar] LDT menjadi 24 persen di kawasan Jawa Timur,” kata Santiko.

Dealer  baru di Kediri memiliki luas lahan 5.646 meter persegi dengan luas bangunan 1.440 meter persegi. Ruang pamer mampu menampung empat unit truk. HMSI mengatakan fasilitas yang diberikan sesuai standar dari prinsipal, Hino Motors LTD.

Pembaruan meliputi penambahan lima anjungan perbaikan, yang semula satu menjadi enam. Satu di antaranya digunakan untuk kebutuhan servis cepat, yakni layanan servis berkala dengan estimasi pengerjaan 59 menit dengan dua orang mekanik.

Dengan peningkatan fasilitas ini, Hino Kediri mampu melayani sampai 12 unit truk Hino setiap harinya. "Kami harap dengan peningkatan fasilitas, diler ini bisa meningkatkan penjualan Hino di Kediri dan memberikan layanan purna jual yang optimal", kata Presiden Direktur HMSI Hiroo Kayanoki.

Secara nasional volume penjualan perusahaan diuntungkan oleh koreksi positif di sektor tambang dan infrastruktur. Pada dua bulan pertama awal tahun ini, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penjualan naik 40% atau naik dari 2.376 unit menjadi 3.326 unit.

HMSI mengklaim bukan hanya angka penjualan saja yang naik awal tahun ini, tapi juga jumlah produksi di pabrik yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) mengatakan produksi awal tahun ini naik 25 persen.

BISNIS.COM




Komentar