Mazda Logo

Mazda Targetkan Penjualan 150.000 Unit di ASEAN

Sabtu, 03 Juni 2017 | 01:10

TEMPO.CO, Jakarta -Mazda Motor, bakal merapihkan seluruh dealerrnya yang ada di Thailand. Ini disebut sebagai bagian dari ambisinya, untuk menjual lebih banyak mobil di pasar Asia Tenggara.

Baca: Ini Bocoran Harga 5 Mobil Terbaru Mazda

Seperti dikutip dari Nikkei, jika ditotal Mazda menargetkan peningkatan penjualan di kawasan ASEAN menjadi 150.000 unit pada tahun fiskal 2018 yang berakhir pada Maret 2019. Target itu difokuskan pada negara-negara yang menjadi basis produksi seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Secara global, jualan Mazda mencapai 1,55 juta mobil pada tahun fiskal 2016, yang berakhir pada Maret 2017. Namun penjualannya di pasar Asia Tenggara, hanya menyumbang sekitar 7 persen atau sebanyak 100.000-an unit mobil.

Mazda berniat untuk menarik pembeli muda Thailand yang mapan dengan meningkatkan citra merek. Total ada 140 dealer yang akan direnovasi, dengan menonjolkan tampilan lebih sporty dan elegan. Perusahaan juga sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan beberapa dealer di wilayah baru, tapi saat ini masih tetap fokus pada pembenahan dealer yang ada.

Biaya renovasi akan ditanggung dealer, tapi Mazda akan menawarkan program penghargaan untuk mendukung remodeling jaringannya. Di Malaysia, Mazda akan menggandakan produksinya menjadi sekitar 35.000 unit per tahun, dengan menambahkan shift kerja.

Baca: Mazda Indonesia Bikin Kejutan

Mazda juga akan menghabiskan sekitar 2 miliar yen atau Rp 26,6 triliun, untuk membangun paint shop, demi meningkatkan kualitas mobil buatannya. Tahun fiskal ini, Mazda akan meluncurkan SUV  CX-9, yang dijual di Amerika Serikat, bersamaan dengan CX-5 andalannya untuk kawasan ASEAN. Saat ini, SUV mulai populer di pasar Thailand dan Malaysia.

GRANDY AJI|SETIAWAN


Komentar