Model berpose dengan mobil Honda Civic Hatchback Turbo dalam test drive di Jakarta, 13 Juni 2017. Honda Civic Hatchback dijual Rp438 juta untuk tipe E (OTR Jabodetabek). ANTARA/Andika Wahyu

Honda Civic Hatchback Turbo Tidak Akan Ganggu Pasar Civic Sedan

Rabu, 14 Juni 2017 | 02:14

TEMPO.CO, Jakarta - PT Honda Prospect Motors (HPM) meluncurkan Honda Civic Hatchback Turbo untuk pasar Indonesia pada Jumat, 9 Juni 2017. Model ini ditawarkan dalam dua tipe yakni S dan E. Masing-masing dijual dengan harga Rp 399 juta dan Rp 438 juta (on the road DKI Jakarta).

Direktur Marketing dan Layanan Purnajual Jonfis Fandy mengatakan kehadiran Honda Civic Hatchback Turbo tidak akan menggangu Civic Turbo versi sedan. "Market-nya berbeda. Sedan meski kecil tapi punya segmen market yang pasti. Sedangkan Civic Hatchback Turbo memiliki pasar yang lebih dinamis, membuka pasar baru," kata Jonfis di Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, 13 Juni 2017.

Baca: Mengintip Spesifikasi Honda Civic Hatchback Turbo

Pasar baru yang dimaksud Jonfis adalah mereka eksekutif muda mapan, termasuk pemilik lama Honda Jazz yang ingin naik kelas. Jonfis optimistis Civic Hatchback Turbo dapat diterima masyarakat di Indonesia, khususnya mereka yang menyukai penampilan sedan sport Honda. “Tahun 1990an, Honda memiliki Nouva dan Estilo. Keduanya cukup populer di kalangan anak muda, bahkan hingga sekarang ini masih diburu,” ujar Jonfis.


Interior Honda Civic Hatchback Turbo. TEMPO/Wawan Priyanto.

Tren hatchback, kata Jonfis, mulai melanda Indonesia sejak munculnya Honda Jazz pada 2004 silam. Kehadiran Jazz diramaikan dengan hatchback kompetitor seperti Toyota Yaris, Hyundai Getz, Kia Rio hatchback, Suzuki Swift, dan Suzuki SX4 yang mewakili hatchback crossover.

Simak:All New Honda Civic Turbo Jadi Sedan Paling Laris di 2017

Honda Civic Hatchback Turbo dibekali mesin 1.5 liter. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 22.4 kgm pada 5.500 rpm.

Tenaga besar ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology yang mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. Sistem ini diklaim Honda mampu memberikan akselerasi yang responsif, lebih halus, dan performa mesin maksimal, serta irit bahan bakar.

Mesin 1.5L Turbo Civic Hatchback. TEMPO/Wawan Priyanto.

Pada saat peluncuran di Mall Taman Anggrek, 9 Juni 2017, sebanyak 26 unit Civic Hatchback Turbo langsung dipesan konsumen. Jonfis optimistis Honda Civic Hatchback Turbo dapat terjual 1.500 unit dalam 12 bulan sejak peluncuran. "Komposisinya, 70 persen tipe yang lebih mahal biasanya yang paling laris," ujarnya.

Simak: Honda Bukukan Total Penjualan 33.180 Unit pada Februari

Penjualan Honda Civic Turbo versi sedan dalam 4 bulan pertama tahun ini menurut Jonfis terhitung menggembirakan dengan rata-rata penjualan sebanyak 200-300 unit per bulan. Untuk versi hatchback, ia pun optimistis angkanya tidak akan berbeda jauh dengan versi sedan. "Bisa jadi nanti malah versi hatchback yang unggul," katanya.

Menurut data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), rekor penjualan terbanyak Civic Turbo versi sedan pada bulan Maret 2017 yang terjual sebanyak 411 unit. "Market sedan ini unik. Tidak besar, tapi tetap ada dan untuk brand Honda bisa dikatakan cukup stabil," ucapnya.

WAWAN PRIYANTO




Komentar