Suzuki Ignis menjadi bintang pameran di Booth Suzuki di pameran otomotif Indonesia International Motor Show, Kamis, 27 April 2017. Tempo/Wawan Priyanto.

Laris Manis, Suzuki Ignis Akan Diproduksi di Indonesia

Minggu, 18 Juni 2017 | 06:59

TEMPO.CO, Jakarta - Suzuki Ignis mencatat penjualan yang menggemberiakan. Dalam dua bulan pertama sejak diluncurkan, mobil mini crossover ini terjual 7.749 unit. Padahal, Ignis yang bertarung di segmen city car bersama Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Nissan March, Honda Brio, dan Toyota Etios Valco ini hanya ditargetkan sebanyak 2.000 unit per bulan.

Melihat prestasi ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana memproduksi Suzuki Ignis di Indonesia. Rencana ini nampaknya mendapatkan sinyal positif dari prinsipal. Apalagi jika dilihat dari penjualan yang melampaui target.

Baca: Kurang dari Sebulan, Suzuki Ignis Terjual 4.400 unit

“Nanti pasti ada nilai tambah, karena delivery cost biaya pengiriman dan pajak impor kami konversi ke fitur,” kata Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, di Jakarta, Sabtu 17 Juni 2017.

Menurutnya, saat ini perusahaan tengah mengkaji soal waktu dan penambahan fitur pada produksi lokal.

Saat ini ada tiga varian Ignis yang ditawarkan Suzuki, yakni versi terendah GL transmisi manual, selanjutnya GX transmisi manual, dan yang paling tinggi GX transmisi otomatis.

Ketiganya memiliki mesih silinder 1.197 cc yang dapat menyemburkan tenaga 82 hp pada 6.000 rpm dan torsi mamsimal 113 Nm pada 4.200 rpm.

Simak: Suzuki Ignis Diklaim Irit BBM, Simak Hasil Ujinya

Hingga saat ini, sebanyak 2.715 Suzuki Ignis sudah dikirim ke konsumen. Ketersediaan stok saat ini sebanyak lebih kurang 6.000 unit. SIS memastikan setelah Lebaran akan datang 2.000 unit dari pabrikan Suzuki di India.

Model yang paling laris adalah varian teratas atau GX transmisi otomatis yang dibanderol dengan harga Rp169,5 juta (off the road Jabodetabek).

Model ini menyumbangkan 3.575 unit atau 47,67 persen terhadap total penjualan. Disusul oleh GX transmisi manual dengan 2.525 unit atau 33,62 persen. Terakhir versi GL dengan 18,16 persen atau 1.353 unit.

Dony menambahkan, penjualan Suzuki Ignis yang terbilang tinggi memberikan kontribusi positif terhadap pasar city car. "Pasar yang sempat lesu beberapa waktu terakhir kembali bergairan dengan kehadiran mobil yang mengusung konsep Urban SUV (sport utility vehicle) ini," katanya.

GRANDY AJI | WAWAN PRIYANTO




Komentar