Ribuan kendaraan pemudik terjebak kemacetan di jalan tol Palikanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu, 15 Juli 2015. Antrean pada H-2 Lebaran kendaraan ini mencapai 38 km. ANTARA/Sigid Kurniawan

Tip Aman dan Nyaman Berkendara Saat Mudik

Senin, 19 Juni 2017 | 03:56

TEMPO.CO, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia, akhir pekan lalu, menggelar workshop persiapan mudik bagi para konsumen Nissan dan Datsun. Dalam acara tersebut, trainer Nissan College, Sugihendi, menjabarkan, beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengemudi jarak jauh (mudik). Berikut ini tip dari Sugihendi seperti diterbitkan di Koran Tempo, Senin, 19 Juni 2017:

1. Periksa 10 aspek kendaraan dalam persiapan mudik, yaitu periksa ban, aki, rem, wiper, washer, oli mesin, radiator, lampu, kotak P3K, dan servis rutin secara berkala. “Jika semua aspek tersebut dalam kondisi yang baik, perjalanan mudik lebih tenang dan aman,” kata Sugihendi.

Baca: Lebaran 2017, Nissan dan Datsun Jaga Jalur Mudik

2. Perhatikan beban muatan agar tidak berlebihan. Pastikan semua barang dalam keadaan terikat atau diberi jaring pengaman. Usahakan barang yang berat ada di posisi bawah untuk menjaga stabilitas dan jangan menaruh bawaan melebihi ketinggian sandaran karena dapat mengakibatkan cedera serius saat kecelakaan.

3. Mengenai eco-driving skill, Sugihendi mengimbau para pengemudi melakukan akselerasi secara bertahap. Hindari membebani mesin atau putaran mesin secara berlebihan. Sesuaikan cara berkendara saat menghadapi kemacetan untuk menghindari konsumsi bahan bakar yang boros.

Simak: Mau Mudik? Jaga Kesehatan, Jangan Lupa Vitamin

4. Saat mudik dan jalanan macet, injaklah pedal gas dengan sangat halus. Untuk pemakai mobil bertransmisi otomatis, jika memungkinkan tak perlu menginjak pedal gas saat macet untuk mengurangi penggunaan bahan bakar.

5. Beristirahat setiap mengemudi empat jam dan pastikan barang bawaan tidak menutupi pandangan ke arah belakang.

PRAGA UTAMA 



Komentar