Seseorang pengunjung sedang menyaksikan siaran televisi tentang Toyota Motor Corp di sebuah toko elektronik Tokyo, Jepang. (REUTERS/Toru Hanai)

Toyota Tunda Pembangunan Pabrik di Meksiko, Ini Alasannya

Jumat, 11 Agustus 2017 | 02:22

TEMPO.CO, Tokyo -Toyota Motor Corp menunda rencana pembukaan pabrik baru di Meksiko dari semula awal tahun 2019 menjadi pertengahan tahun 2020.

Pabrikan mobil terbesar di Jepang semula akan membangun pabrik di Guanajuato dengan nilai investasi USD 1 miliar untuk memproduksi sedan Corolla. Namun pada minggu lalu, Toyota mengumumkan bahwa produksi Corolla akan dialihkan di pabrik baru mereka di Amerika Serikat yang merupakan hasil kerja bareng dengan Mazda Motor Corp.

Toyota menyebutkan bahwa penundaan pembukaan pabrik di Meksiko itu untuk menyesuaikan rantai pasokan. Pabrik di Guanajuato tidak memproduksi Corolla tapi pikap truk Tacoma. Sebelumnya juru bicara Toyota berbicara pada pekan lalu bahwa pabrik di Meksiko ini juga disiapkan untuk memproduksi segmen sport utility vehicle (SUV).

Dengan rencana Toyota mengalihkan  produksi dari Corolla menjadi pikap truk Tacoma, maka kemungkinan produksi awal baru bisa dilakukan pada paruh pertama 2020. "Namun kami tetap berupaya lebih cepat untuk meminimalisir dampaknya terhadap pemasok dan masyarakat pengguna," ucapnya seperti dilansir dari Auto News.

Hingga beroperasinya perusahaan patungan dengan Mazda pada 2021, Toyota akan memasok sedan Corolla yang semula direncanakan diproduksi di Meksiko, dari pabrik di Mississippi, AS dan Jepang.

SETIAWAN ADIWIJAYA


Komentar