Toyota Limited Edition hadir di GIIAS 2017. TEMPO/Wawan Priyanto

Market Share Toyota Pada Semester I Capai Angka 36,6 Persen

Jumat, 11 Agustus 2017 | 11:00

TEMPO.CO, Tangerang - Public Relations Manager PT Toyota Astra Motor Rouli Sijabat mengatakan pada semester I 2017 market share pihaknya mencapai 36,6 persen. Angka ini lebih tinggi dari target minimum market share pada 2017 yang sebesar 35 persen.

"Semester II nanti akan ada tantangan karena ada momen-momen bergeser," kata Rouli saat ditemui di ICE, BSD, Tangerang, Jumat, 11 Agustus 2017.

Baca: Toyota Voxy Akan Diluncurkan di GIIAS 2017

Rouli menuturkan momen-momen yang bergeser itu adalah momen Idul Fitri yang berada di semester I. Sedangkan momen di semester II adalah ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan tahun baru.

Segmen MPV merupakan salah satu backbone dari Toyota. Ini terbukti dari kontribusi sektor produk MPV mereka terhadap total penjualan mobil Toyota yang terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Pada periode Juni-Juli 2016 angka kontribusi produk MPV terhadap total penjualan Toyota adalah 57,8 persen. Angka ini mengalami kenaikan di tahun ini menjadi sebesar 71,9 persen.

Simak: GIIAS 2017, Toyota Akan Tampilkan Mobil Edisi Terbatas 

Sebabnya, Toyota mencoba menggairahkan pasar dengan menghadirkan produk baru, yaitu Voxy. Rouli menyatakan dengan keluarnya MPV ini, pihaknya tak merasa takut dengan banyaknya produk serupa dari kompetitor di pasaran.

Kompetitor, kata Rouli, justru membuat pihaknya bisa mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana karakteristik pasar di Indonesia. "Itulah kenapa kami survei ke konsumen. Mau mereka apa sih?" ujarnya.

Menurut Rouli lebih baik pihaknya mencari tahu terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, dibandingkan memberikan produk yang sangat lengkap namun membuat harga mahal. "Jangan sampai over spesifikasi juga."

DIKO OKTARA

 


Komentar