Ratusan penggemar Vespa hadir di acara Asia Vespa Day di Yogyakarta. Pagi ini mereka berkumpul di halaman Balai Kota Yogyakarta, Sabtu, 16 September 2017. Kegiatan ini juga diikuti peserta dari enam negara. Fabio Sabili, 30 tahun, mengendarai langsung Vespa kesayangannya dari Italia menuju Yogyakarta. TEMPO/Pribadi Wicaksono.

Pagi Ini Penggemar Vespa dari 11 Negara Keliling Yogyakarta

Sabtu, 16 September 2017 | 12:18

TEMPO.CO, Yogyakarta - Setelah menggelar kegiatan hari pertama di Candi Prambanan pada Jumat 15 September 2017, pagi ini Sabtu, 16 September 2017, ratusan Vespa nyentrik dari berbagai model dan tahun pembuatan mengepung Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini masih merupakan bagian dari Hut Kota Yogyakarta ke-261 yang di dalamnya terdapat acara Asia Vespa Days 2017.

Baca: Penggemar Vespa dari Enam Negara Ramaikan HUT Yogyakarta

Pantauan Tempo, sejak pagi motor-motor Vespa produksi tahun 1950 sampai paling baru memadati halaman gedung Balai Kota Yogyakarta.

Para pengguna Vespa itu tidak hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Total ada perwakilan dari 11 negara yang ikut dari semula tercatat 6 negara. Seperti Malaysia, Cina, Amerika, hingga Italia.

Peserta dengan motor Vespa bersiap keliling Yogyakarta. TEMPO/Pribadi Wicaksono.

"Ini menjadi kegiatan yang luar biasa sekali meriah untuk menyemarakkan HUT Kota Yogya," kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat menyambut kedatangan para pengendara Vespa itu.

Para komunitas Vespa tersebut kemudian melakukan riding atau mengendarai bersama Vespa mereka mengitari Kota Yogyakarta. Haryadi Suyuti turut serta di barisan depan saat konvoi keliling kota itu.

Simak: Vespa 946 Red Bakal Diluncurkan Triwulan III Ini

Ketua Panitia Asia Vespa Days 2017, Frannata Suryanto mengatakan para pengendara Vespa yang keliling kota ada sebanyak 261 yang menempuh jarak konvoi 20 kilometer dari kantor Balai Kota Yogyakarta melewati Malioboro dan kembali ke Balai Kota lagi.

Fabio Salini (30 tahun) dari Italia bersama Vespa kesayangannya. TEMPO/Pribadi WIcaksono.

"Setelah konvoi kami lakukan konfigurasi bersama membentuk barisan Vespa menjadi angka 261 sebagai ucapan HUT Kota Yogya," ujar Frannata.

Walikota Yogyakarta berterima kasih kepada para pengguna Vespa manca negara dan nasional yang teleh menyempatkan hadir untuk menyemarakkan hari jadi ke-261 di Kota Yogyakarta.

Sedangkan para pengguna Vespa dari Indonesia yang hadir berasal dari beragam daerah, di antaranya, Kalimantan, Jakarta, Jawa Barat, Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan masih banyak daerah lainnya.

PRIBADI WICAKSONO




Komentar