Rio Haryanto, pembalap tim Manor asal Indonesia, memacu kendaraannya saat latihga ketiga Australian Formula One Grand Prix di Sirkuit Albert Park di Melbourne, Australia, 19 maret 2016. AP/Rob Griffith

Dikabarkan Akan Tes Formula E, Ini Kata Rio Haryanto

Selasa, 19 September 2017 | 13:49

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan pembalap F1, Rio Haryanto, seperti dikabarkan sebuah situs luar negeri, akan menjalani tes Formula E di Valencia, Spanyol, awal Oktober 2017. Situs itu juga meyakini Rio kini tengah melakukan pembicaraan intensif dengan sebuah tim di Formula E.

Saat dikonfirmasi Tempo, Selasa siang, 19 September 2017, Rio, yang kini berada di Jakarta, tidak membantah ataupun mengiyakan. "Belum confirm, sob," katanya via pesan singkat WhatsApp.

Baca: Sean Gelael Debut di FP1 F1 Singapura, Ini Kata Rio Haryanto

Dikutip dari situs resmi Formula E, www.formulae.com, sesi tes resmi akan dilakukan di trek Riciardo Tormo, Valencia, Spanyol, 2-5 Oktober 2017. Di trek sepanjang 3,09 kilometer itu, tes akan dibagi dalam dua sesi, yakni sesi pagi pukul 09.00-12.00 serta sesi siang pukul 14.00-15.00. Tes ini akan diikuti 10 tim Formula E.

Rio baru saja kembali ke Tanah Air setelah liburan selama sepekan di Amerika Serikat. Sore ini, dia akan kembali ke tanah kelahirannya, Solo. 

Simak: Rio Haryanto Menunggu Negosiasi Tim Formula 1 dengan Umrah

Rio merupakan pembalap Indonesia pertama yang berkompetisi dalam balap jet darat F1 pada musim lalu. Dia menyelesaikan 12 balapan bersama tim F1 Manor Racing. Di tengah musim, Rio digantikan Esteban Ocon (Prancis) karena kesulitan sponsor.

Akhir Desember lalu, Rio sempat memiliki peluang bergabung dengan Sauber. Hanya, sponsor utama Rio ketika itu (Pertamina) tidak mampu menyanggupi pembayaran dana sponsorship kepada Sauber.

Meski tidak lagi balapan, Rio tetap menjaga kebugaran fisiknya. Bersepeda, lari, dan renang merupakan aktivitas rutin yang dia jalani selain melatih kebugaran di gym. Tahun ini, Rio berpartisipasi dalam lomba Bintan Triathlon pada 20-21 Mei 2017. Hasilnya tak mengecewakan. Dia berhasil meraih juara keempat dalam lomba triathlon pertamanya.

Dalam lomba itu, Rio menyelesaikan lomba (Olympic Distance), yakni 1,5 kilometer renang, 40 kilometer bersepeda, dan 10 kilometer lari. Kegiatan ini diikuti lebih dari 1.400 atlet dari 30 negara.

Pada 9 September 2017, Rio Haryanto kembali menguji fisiknya dengan mengikuti Belitong Triathlon. Jarak tempuhnya sama, yakni Olympic Distance. Di lomba ini, Rio berhasil memperbaiki prestasinya dengan meraih juara ketiga.

 

WAWAN PRIYANTO


Komentar